search-button

Nov 6, 2016

5 Obat Epilepsi Generik Di Apotik yang Efektif

   
Advertisements

Obat Epilepsi Generik Di Apotik

Apotik Sehat - Epilepsi merupakan sekelompok gangguan neurologis yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang dengan ciri khas serangan-serangan epileptic yang mana episodenya bisa sangat beragam mulai dari serangan singkat hingga serangan yang hampir tidak terdeteksi lagi hingga guncangan kuat untuk jangka waktu yang lama.

Serangan epileptic cenderung berulang kali dan tidak memiliki penyebab utama. Dalam beberapa kasus, penyebabnya cenderung tidak diketahui, namun ada beberapa penderita epilepsi yang diketahui menderita epilepsi karena pernah mengalami cedera otak, kanker otak, stroke maupun penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan minum alkohol. Sayangnya epilepsi tidak dapat disembuhkan akan tetapi serangan-serangannya masih bisa dikontrol dengan melakukan pengobatan.

Obat Epilepsi Yang Tersedia di Apotik


  1. Gabapentin. Merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengendalikan kejang-kejang dalam proses pengobatan penyakit epilepsi. Obat yang satu ini memang tidak mampu menyembuhkan epilepsi karena bekerja hanya untuk mengontrol kejang selama penderita penyakit epilepsi masih rutin untuk mengkonsumsinya. Gabapentin sendiri merupakan antikonvulasan maupun anti kejang, obat ini membantu menginaktkan jumlah bahan kimia, yakni gamma-amino butyric acid di dalam otak. Selain itu, obat ini juga efektif untuk menghilangkan rasa sakit dalam kasus tertentu yang berkaitan erat dengan sistem saraf. Untuk penderita epilepsi yang sudah dewasa dan remaja dari usia 12 tahun keatas, dianjurkan untuk minum 300 mg obat gabapentin 3x setiap hari.
  2. Asam Valproat. Merupakan obat yang dikonsumsi sendiri maupun bersama dengan obat lainnya untuk membantu mengontrol kejang dalam proses pengobatan epilepsi, fungsinya tidak jauh berbeda dari obat generik epilepsi lainnya. Obat yang satu ini akan bekerja tepat di jaringan otak dan berusaha keras untuk membantu menghentikan kejang-kejang. Asam valproat juga biasa digunakan untuk membantu mengobati fase manik dari sakit kepala migraine bahkan gangguan bipolar. Dosis pemberian obat ini berdasarkan berat badan pasien yang nantinya akan ditentukan sendiri oleh dokter, diawal-awal, dosis akan diberikan sekitar 10-15 mg/kg berat badan pasein dan tidak menutup kemungkinan jika dokter akan meningkatkan dosis obatnya bertahap-tahap setiap minggunya dengan takaran 5-10 mg/kg berat badan penderita apabila diperlukan.
  3. Fenitoin. Satu lagi dari lima obat epilepsi generik di apotik yang tampaknya memberikan pengaruh yang tidak berbeda jauh dari obat lainnya, yakni untuk membantu mengontrol kejang-kejang. Obat ini bisa menjadi alternatif obat-obatan yang Anda konsumsi disaat obat lainnya yang Anda butuhkan sedang kosong atau tidak tersedia.
  4. Carbamazepin. Obat ini bekerja dengan cukup baik untuk membantu mengatasi serangan epileptic tanpa menimbulkan banyak efek samping negatif pada tubuh pasien. Di Inggris, obat ini telah direkomendasikan sebagai obat lini pertama yang berfungsi untuk mengatasi kejang fokal.
  5. Levetirasetam. Obat generik ini bekerja sebaga lini kedua yang digunakan atas pertimbangan biaya juga efek sampingnya. Karena dokter tidak bisa sembarangan memberikan resep pada pasien apalagi jika mengingat bahwa epilepsi itu penyakit yang tidak bisa disembuhkan jadi salah satu cara terbaik untuk mengobati epilepsi adalah dengan minum obat yang memang khusus dibuat untuk mengobati epilepsi.

Mengatasi serangan kejang-kejang karena penyakit epilepsi mau tidak mau selalu dialami oleh para penderita penyakit epilepsi, ada 5 obat epilepsi generik di apotik yang bisa Anda tebus atau beli dan konsumsi untuk membantu mengontrol kejang-kejang disaat serangan epileptic sedang berlangsung, jadi setelah semuanya terkontrol, Anda bisa berbicara seperti biasanya.