search-button

Nov 7, 2016

5 Obat Kudis Di Apotik yang Ampuh

   
Advertisements
Obat Kudis Di Apotik

Apotik Sehat – Kudis merupakan salah satu gangguan kesehatan kulit yang mana disebabkan oleh tungau yang ciri-cirinya bisa dilihat dari adanya keropeng, gatal-gatal dan kebotakan. Jika penyakit ini menyerang, tentunya Anda membutuhkan obat kudis di apotik agar mudah untuk didapatkan. Infeksi awal dari penyakit kulit ini diawali dengan tungau betina muapun nimfa stadium kedua yang aktif membuat terowongan pada epidermis maupun lapisan induk dan di terowongan tersebut dilepaskanlah 2-3 butir telur setiap  harinya, setelah 2-4 hari telur akan menetas dan berubah menjadi larva berkaki enam dan proses terus terjadi hingga terbentuklah kudis di permukaan kulit badan.

Gejala khas pada penyakit ini adalah liar yang muncul di atas permukaan kulit, rasa gatal yang menyiksa, kulit kemerahan dan terkadang ada infeksi sekunder yang diakibatkan oleh bakteri. Untuk mendiagnosis penyakit ini harus dilakukan kerokan tepat di kulit keropeng hingga keluar darah dengan memakai scalpel dan hasil kerokan ini akan dites di dalam laboratorium dengan meneteskan KOH 10%.

Nama Obat Kudis Yang Dijual di Apotik


  1. Hiroksizin Hidroklorida. Jika rasa gatal karena kudis sudah sangat mengganggu sekali maka Anda bisa mulai mencoba untuk mengobati kudis sendirian di rumah, selagi menunggu waktu yang tepat untuk berobat ke dokter. Air dingn maupun lotion kalamin bisa menjadi obat yang tepat untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman karena rasa gatal yang menyiksa. Selain itu, Anda juga bisa memakai obat antihistamin oral, salah satunya adalah hidroksizin hidroklorida (Atarax).
  2. Difenhidramin Hidroklorida. Dalam beberapa kasus, biasanya dokter akan memberikan resep obat generik bagi penderita kudis, obat ini sengaja diresepkan untuk membantu proses pengobatan agar penderita penyakit kudis bisa lekas sembuh. Dan selain hidroksizin hidroklorida, obat anthistamin oral yang bisa Anda gunakan adalah difenhidramin hidroklorida (Benadryl).
  3. Permenthrin 5%. Biasanya dokter akan memberikan resep obat yang jauh lebih berat dosisnya pada penderita kudis yang sudah cukup berat. Setelah proses perawatan selesai dilakukan, dokter akan memberikan Anda resep krim pembunuh tungau yang mana dikenal dengan bentuk lotion yang memiliki kandungan Permathrin 5%, satu dari obat kudis di apotik ini dioleskan secara topical, rasanya memang cukup perih dan menyengat, krim ini bekerja dengan baik dalam satu kali pemakaian saja, namun biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk memakai krim lotion ini satu minggu setelahnya untuk membantu membunuh tungau baru yang baru menetas dari telur-telurnya.
  4. Ivermectin. Dan bagi mereka yang mengalami infeksi kudis cukup berat dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka dokter akan memberikan resep obat Ivermectin yakni obat oral yang harus diminum oleh penderita penyakit kudis. Obat yang satu ini seringkali digunakan untuk mengobati kudis Norwegia serta diminum dalam dosis tunggal. Obat ini memiliki efek samping mulai dari menggigil, sakit kepala, nyeri pada sendi, tidak nafsu makan dan masih banyak lagi.
  5. Crotamiton 10%. Dan tidak menutup kemungkinan juga jika dokter akan meresepkan cortamiton 10%, atau bahkan krim lindane 1%, dan sulfur 6% untuk membantu pengobatan jika permethrin maupun ivermectin tidak banyak membantu proses pengobatan. Dan jika Anda mengalami infeksi bakteri yang berat sekali, dokter akan meresepkan obat generik maupun antibiotic.

Mengatasi kudis itu tidak sulit jika Anda mengerti dengan baik dan benar penyakit kudis yang sedang Anda alami, apalagi ada obat kudis di apotik yang dapat membantu meringankan dan menyembuhkan penyakit kudis Anda dengan segera.