search-button

Nov 10, 2016

5 Obat Tradisional Alergi Kulit yang Manjur

   
Advertisements
Obat Alergi Kulit Tradisional

Apotik Sehat – Alergi merupakan respon yang biasa terjadi dan dialami oleh seseorang ketika tubuh mereka menerima rangsangan atau partikel asing yang tidak dikehendaki oleh tubuh. Sel dalam tubuh kita akan menghasilkan suatu zat kimia yang biasa disebut sebagai histamine yang mana menyebabkan alergi. Ada dua pilihan cara penanganan alergi kulit. Pertama, Anda bisa menanganinya dengan obat tradisional alergi kulit atau dengan mennggunakan obat generik.

Gejala alergi itu sangat beragam tergantung alergi apa yang dialaminya, namun gejala yang seringkali muncul disaat seseorang mengalami alergi antara lain, munculnya ruam kulit, iritasi kulit, gatal-gatal, bersin, mata yang merah dan masih banyak lagi.

Obat Tradisional Untuk Alergi Kulit


  1. Apel. Adalah salah satu obat herbal yang mampu mengobati alergi dengan cukup baik. Buah apel memiliki kandungan zat quercetin yang mampu mencegah pelepasan histamine dari sel-sel tubuh kita dengan cara menstabilkan histamine. Mengkonsumsi buah apel itu tidak sulit karena buah ini bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat atau cukup dikonsumsi langsung dengan kulit apelnya.

  2. Semangka. Merupakan salah satu obat herbal yang memiliki cita rasa lezat dan juga menyegarkan jadi Anda tidak akan merasa makan obat alergi ketika makan buah manis dan menyegarkan ini. Buah semangka mengandung banyak mineral dan vitamin C yang mana mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

  3. Kunyit. Dari lima obat tradisional alergi kulit salah satu diantaranya yang sangat efektif adalah bubuk kunyit. Kunyit bersifat anti-inflamasi serta anti-alergi karena kandungan zat kurkuminnya. Anda cukup mencampurkan 1 sdt kunyit dengan susu panas secukupnya, aduk hingga tercampur dengan baik dan minumlah ramuan obat hangat ini dua kali setiap harinya untuk membantu mencegah alergi kambuh kembali. Bila tidak begitu suka dengan rasa kunyit pada minuman ini, maka Anda hanya perlu membuat makanan dengan ekstra bubuk kunyit.

  4. Jeruk lemon. Tidak hanya mampu membantu mengatasi batuk, jeruk lemon juga efektif untuk mengobati alergi karena mengandung banyak vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sekaligus efektif untuk mencegah respon alergi. Antioksidan yang dimiliki oleh jeruk lemon akan membantu mengeluarkan semua limbah serta racun yang terakumulasi di dalam tubuh kita. Cukup minumlah 1-2 gelas jeruk jus jeruk lemon setiap harinya untuk membantu mencegah alergi kambuh.

  5. Teh hijau. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau, yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate mampu mencegah respon alergi di dalam tubuh kita. Teh hijau yang kita minum selama mengalami alergi berkhasiat sekali untuk mengurangi peradangan dan juga histamine. Agar khasiat teh hijau lebih manjur, jangan lupa untuk menambahkan air perasan jeruk lemon pada teh hijau panas yang Anda minum sebagai obat alergi.

Selain kelima obat tradisional alergi kulit tersebut masih ada banyak sekali bumbu dapur dan makanan sehari-hari yang sehat yang efektif untuk membantu mengobati alergi kulit yang tengah Anda alami sekarang. Pengobatan rumahan itu penting, akan membantu mempercepat proses pengobatan dan mengurangi reaksi alergi yang menjadi lebih parah, tentunya jika makanan dan minuman obat alergi kulit tersebut sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Anda, tidak sedang dihindari konsumsinya. Alergi kulit membuat seseorang menjadi tidak nyaman apalagi jika alerginya juga muncul di permukaan kulit wajah, tentunya Anda tidak akan merasa percaya diri untuk keluar rumah dengan kondisi wajah yang merah-merah dan membengkak karena reaksi alergi kulit.