search-button

Oct 23, 2016

6 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh

   
Advertisements
Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatanv

Apotik Sehat - Kita semua pastinya sangat setuju apabila vitamin E sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi apa saja manfaat vitamin E tersebut yang sangat baik untuk kesehatan? mungkin banyak dari kita yang masih belum mengetahuinya. Vitamin E merupakan kombinasi dari molekul tocopherol dan tocotrienol yang tidak dapat larut di dalam air, akan tetapi dapat larut di dalam lemak.

Pada tubuh manusia, Vitamin E akan dicerna oleh empedu, dan berfungsi sebagai pengemulsi minyak. Dengan sifatnya yang anti-oksidan, tidak mengherankan apabila vitamin E begitu bermanfaat bagi  kesehatan tubuh manusia.

Berbagai Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh


  1. Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan Tubuh. Vitamin merupakan zat utama untuk kesehatan dan fungsi dari tubuh, termasuk pula vitamin E. Tanpa adanya vitamin maka kesehatan kita akan menurun dan beberapa dari organ tubuh kita juga tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Demikian juga dengan vitamin E, karena vitamin E mempunyai peran serta manfaat yang spesifik untuk kesehatan. Beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh manusia diantaranya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dapat menambah kesuburan suami-istri, dapat membantu menanggulangi stress dan dapat mengurangi risiko penyakit kanker serta penyakit jantung koroner.

    Sebagai antioksidan, vitamin E sangat berperan penting dalam berbagai proses tubuh dan juga dapat membantu melindungi struktur dari sel yang penting. Vitamin E dapat melindungi membran sel dari kerusakan yang disebabkan oleh adanya radikal bebas. Sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E juga bermanfaat dalam mencari, bereaksi serta menghancurkan rantai dari reaksi radikal bebas. Manfaat lainnya dari vitamin E adalah dapat melindungi sel darah merah agar tidak rusak. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kelebihan vitamin A.

  2. Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan Kulit. Vitamin E sangat berkaitan erat dengan kesehatan, kulit yang lembut dan sehat merupakan akibat dari terpenuhinya vitamin E. Oleh sebab itu vitamin E telah menjadi bagian penting pada hampir seluruh produk perawatan kulit yang ada. Di dalam masyarakat vitamin E bahkan lebih dikenal sebagai vitamin yang sangat baik untuk nutrisi kulit. Dan telah banyak pula orang yang memanfaatkan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulitnya.

  3. Manfaat Vitamin E Untuk Mencegah Penuan Dini (Anti Aging). Vitamin E mempunyai sifat antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas maupun polusi. Vitamin E dapat membuat kulit menjadi sehat dan lembut, yaitu dengan cara menambahkannya pada pelembab ataupun dengan membeli pelembab yang didalamnya telah terkandung vitamin E , lalu mengoleskannya pada kulit. Selain itu vitamin E juga bisa mengurangi garis-garis halus dan juga keriput yang terdapat diwajah.

  4. Manfaat Vitamin E Untuk Mencegah Kulit Terbakar Matahari. Vitamin E sangat bermanfaat untuk mencegah kulit terbakar akibat dari sinar ultra violet. Caranya adalah dengan menggunakan lotion tabir surya yang didalamnya mengandung vitamin E dan mengoleskannya pada kulit sebelum bepergian keluar rumah. Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan menerima paparan sinar matahari di sepanjang tahun, hal ini tent saja membuat tubuh kita memerlukan banyak vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit.

  5. Manfaat Vitamin E Untuk Mengatasi Jerawat. Minyak yang mengandung vitamin E topikal sangat bermanfaat untuk mencegah dan mempercepat proses dari penyembuhan jerawat. Selain itu vitamin E juga dipercaya bisa mengurangi munculnya stretch mark, menghilangkan bekas jerawat serta menyamarkan bintik-bintik, keriput dan juga garis-garis halus pada kulit yang diakibatkan oleh faktor usia.

  6. Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan Rambut. Minyak yang mengandung vitamin E sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah yang menuju ke kulit kepala, sehingga bisa meningkatkan kesehatan rambut kita. Manfaat vitamin E yang lainnya adalah dapat membantu mencegah adanya tanda-tanda penuaan dini, misalnya rambut yang beruban, botak ataupun rambut rontok. Pada beberapa merk shampoo serta conditioner banyak yang telah memanfaatkan vitamin E, karena pada dasarnya kesehatan rambut sangat tergantung pada kesehatan dari kulit kepala.
Rekomendasi: