search-button

Nov 10, 2016

8 Tips Mencegah Penyakit Jantung Koroner

   
Advertisements
Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Apotik Sehat - Penyakit jantung koroner merupakan penyakit pembunuh nomor wahid di dunia dan lebih mengancam nyawa manusia dibandingkan dengan penyakit kanker. Dapat dibayangkan, apabila penyakit kanker saja sudah merupakan penyakit yang ganas, apalagi penyakit dengan penyakit jantung koroner! Pertanyaannya adalah, bagaimana cara untuk mencegah penyakit jantung koroner? Agar kita bisa terhindar dari penyakit jantung koroner, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti tips berikut ini.

Tips Mencegah Penyakit Jantung Koroner yang Mungkin Berguna


  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat. Penyakit jantung koroner dapat dicegah dengan cara menghindari asupan makanan yang banyak mengandung lemak ataupun yang tinggi kolesterol, contohnya seafood dan jeroan. Makanan sebaiknya diolah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang, jadi kurangi untuk menyantap makanan yang digoreng. Untuk itu pilihlah makanan rendah lemak atau bahkan tanpa lemak. Selain itu, sebaiknya makanan yang mengandung gula tinggi seperti soft drink juga harus dikurangi. mengurangi konsumsi karbohirat juga sangat perlu untuk dilakukan, karena di dalam tubuh karbohidrat akan dipecah dan menjadi lemak. Sebaliknya, dengan mengkonsumsi oat atau gandum maka secara tidak langsung akan dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung serta menjaga jantung agar tetap sehat.

  2. Berhenti Merokok. Agar jantung Anda tetap sehat, hentikan kebiasaan merokok Anda sekarang juga!. Menghisap rokok sangat tidak baik bagi kesehatan jantung, bahkan pada setiap bungkus rokok selalu diberikan peringatan “Merokok dapat menyebabkan impotensi, serangan jantung, serta gangguan kehamilan dan janin”. Oleh karena itu, apabila ingin jantung tetap sehat, berhentilah merokok.

  3. Menghindari Stress. Stress yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan jantung kita. Untuk itu, hindarilah stress ketika sedang berada di kantor maupun di rumah. Pada saat seseorang mengalami stress, maka tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang bisa menyebabkan pembuluh darah jadi kaku. Selain itu hormon norepinephrine juga akan diproduksi tubuh ketika kita menderita stres, yang akan berakibat tekanan darah menjadi naik.

  4. Menghindari Tekanan Darah Tinggi. Tekanan darah tinggi bisa melukai dinding arteri sehingga akan memungkinkan kolesterol LDL masuk ke saluran arteri dan penimbunan plak menjadi meningkat. Oleh karena itu, tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

  5. Menjaga Berat Badan Ideal. Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat meningkatkan tekanan darah tinggi serta ketidak normalan lemak. Untuk menghindari atau mengobati obesitas bisa dilakukan dengan cara menjaga berat badan agar selalu pada kondisi yang ideal.

  6. Berolahraga Secara Teratur. Kita bisa melakukan kegiatan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging. Pada beberapa komunitas sering dibentuk kegiatan seperti halnya senam jantung sehat. Olahraga seperti ini dapat menguatkan kerja jantung serta melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh. Sebab, semakin sehat jantung, maka akan semakin jauh dari kemungkinan terkena penyakit jantung koroner.

  7. Baca: 15 Cara Menjaga Dan Merawat Jantung Tetap Sehat

  8. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran. Mengkonsumsi buah dan juga sayuran sangat baik bagi kesehatan jantung. Terutana untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi udara, yang diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor ataupun asap rokok dapat menciptakan timbulnya radikal bebas pada tubuh. Untuk dapat mengeluarkan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh tersebut, memerlukan antioksidan yang akan menangkap serta membuangnya. Antioksidan bisa diperoleh dari berbagai macam jenis buah-buahan serta sayuran.

  9. Mengetahui Faktor Genetika. Seseorang yang pernah terkena serangan jantung pada saat usia dibawah 60 tahun memiliki risiko yang lebih besar menderita penyakit jantung koroner. Demikian juga, apabila kita mempunyai kerabat yang pernah terkena serangan jantung, maka sebaiknya kita dapat lebih berhati-hati untuk menjaga pola makan serta gaya hidup.