search-button

Dec 10, 2016

5 Obat Batuk Bayi Tradisional Alami

   
Advertisements
Obat Batuk Bayi Tradisional

Apotik Sehat – Saat ini kita memang dapat dengan mudah menemukan banyak sekali obat batuk yang khusus di formulasikan untuk bayi, namun Anda tetap harus memperhatikan dengan teleti dosis yang sesuai dengan usia bayi Anda, karena mengatasi batuk pada bayi yang berusia 1 bulan sangat berbeda dengan cara mengatasi batuk untuk anak yang usianya sudah melebihi satu tahun. Di Indonesia sendiri, sejak dahulu obat batuk tradisional lebih sering dipakai oleh orangtua untuk mengatasi batuk pada bayi mereka, karena obat batuk bayi tradisional alami dipercaya memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan obat-obatan kimia.

Obat Batuk Bayi Tradisional Alami


  1. Memberikan ASI atau Cairan. Cairan, terutama ASI merupakan salah satu rekomendasi obat batuk bayi tradisional alami terbaik, karena ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi usia 1 hari sampai dengan 6 bulan bahkan akan lebih baik lagi apabila Anda memberikan ASI sampai anak berusia 2 tahun. Kandungan nutisi yang lengkap pada ASI sangat dibutuhkan oleh bayi dan nutrisi dalam ASI juga jauh lebih banyak daripada susu sapi. Jadi bayi yang tumbuh dan berkembang dengan diberikan ASI akan jauh lebih kuat dan sehat, serta memiliki pertumbuhan otak dan perkembangan organ yang jauh lebih baik, selain itu bayi juga tidak akan mudah sakit.

  2. Minyak Tradisional. Banyak sekali varian minyak tradisional yang bisa kita temukan di Indonesia contohnya minyak kayu putih, minyak rosemary, ataupun minyak peppermint, dan yang lainnya. Kesemuanya dinilai dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan sakit batuk yang diderita oleh bayi dan juga balita. Banyak orang tua yang  menilai obat herbal ini cukup efektif dalam membantu mengatasi sakit batuk pada bayi, cara menggunakannya juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskannya di seditar dada bayi, maka bayi akan merasa hangat, dan batuk yang di derita akan berangsur-angsur sembuh.

  3. Jeruk Nipis + Madu. Apabila bayi Anda telah berusia diatas satu tahun, Anda bisa mencoba menggunakan campuran jeruk nipis dan madu untuk mengatasi batuk yang di derita oleh anak Anda. Campuran obat alami ini dipercaya dapat meredakan gatal di tenggorokan serata dapat merangsang keluarnya air liur yang bisa meredakan batuk pada bayi Anda. Caranya adalah dengan mencampurkan ½ sdt madu dengan sedikit perasan jeruk nipis pada air hangat. Usahakan agar bayi Anda meminumnya sebelum tidur.

  4. Kunyit. Kunyit merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan orang dewasa untuk mengobati berbagai macam penyakit, selain untuk orang dewasa, kunyit bisa juga digunakan untuk mengobati batuk pada bayi dan juga balita. Cara menggunakannya juga tidak terlalu rumit, apabila bayi Anda masih menyusu, cukup oleskan payudara Anda dengan bubuk kunyit sebelum menyusui bayi, atau bisa juga dengan mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu bayi. Berikan ramuan kunyit ini dua kali sehari.

  5. Bawang Putih. Bawang putih adalah obat batuk bayi tradisional alami berikutnya yang bisa Anda gunakan apabila bayi Anda terserang batuk. Caranya dengan memanggang bawang putih hingga kering. Setelah dingin masukkan bawang putih tersebut ke dalam kantong kain, kemudian taruh di tempat tidur bayi, akan tetapi jangan terlalu dekat atau masih berada dalam jangkauan bayi. Apabila bayi Anda telah berusia diatas 6 bulan, Anda bisa mengusapkan kantong kain yang berisi bawang putih ke dada bayi.

Seperti yang telah kita ketahui, daya tahan pada bayi biasanya masih sangat lemah, oleh karena itu kita tidak boleh sembarangan dalam memberi obat pada saat bayi sedang sakit. Seperti halnya ketika bayi sedang terserang batuk, meskipun terlihat sepele, akan tetapi kita juga harus tetap berhati-hati termasuk ketika memberikan obat batuk bayi tradisional tersebut.