search-button

Sep 15, 2016

5 Obat Diare Anak Tradisional Alami

   
Advertisements
Obat Diare Anak Tradisional Bahan Alami

Apotik Sehat – Sebelum Anda memberikan obat diare kepada anak Anda, sebaiknya Anda terlebih dahulu memerhitungkan efek samping yang akan ditimbulkan dari obat diare tersebut apabila dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama. Meskipun bukan termasuk penyakit berbahaya, diare membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama, pada umumnya penyakit diare bisa sembuh dengan sendirinya. Diare bisa diobati dengan mengonsumsi obat diare yang dijual di apotik, akan tetapi apabila Anda ingin meminimalisasikan efek negatif dari penggunaan obat dalam jangka panjang, Anda bisa menggunakan obat diare anak tradisional alami sebagai obat diare yang aman untuk anak Anda.

Obat Diare Anak Tradisional Alami yang Aman


  1. Daun Kayu Putih. Daun kayu putih mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda untuk digunakan sebagai obat diare anak tradisional alami yang aman. Cara membuatnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan dan kayu putih kering sekitar 10 gram untuk direbus dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas. Setelah air rebusan telah tersisa sekitar 1 gelas, Anda bisa mematikan api dan menyaring air rebusan tersebut. Anda bisa memberikan air rebusan ini kepada anak Anda sehari sekali sampai diare yang Ia derita sembuh.

  2. Daun Jambu Biji. Daun jambu biji telah menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi diare paling populer. Selain digunakan untuk orang dewasa, daun jambu biji juga bisa digunakan untuk anak-anak. Caranya dengan denagan menumbuk daun jambu biji dan buah jambu biji yang masih kecil atau mentah sampai halus, setelah itu peras hasil tumbukan tersebut untuk diambil sarinya. Air perasan tersebut bisa Anda tambahkan dengan sedikit garam lalu berikan kepada anak Anda, beberapa saat setelah meminumnya diare yang diderita oleh anak Anda akan berangsur-angsur sembuh.

  3. Buah Sirsak. Buah sirsak mungkin lebih disukai oleh anak sebagai obat herbal untuk menyembuhkan diare dibandingkan ramuan-ramuan yang berasal dari dedaunan. Caranya adalah dengan mengambil air dari buah sirsak yang sudah matang dengan cara diperas. Peras daging buah sirsak sampai mendapatkan air sebanyak 1 sendok makan, lalu berikan air perasan tersebut kepada anak Anda setiap hari sebanyak 2 sampai 3 sendok makan sampai diare sembuh.

  4. Daun Sendok. Daun sendok dapat dengan mudah di dapatkan di lingkungan sekitar kita. Cara membuatnya bisa dilakukan dengan merebus daun sendok bersama 3 gelas air, kemudian tunggu hingga airnya tersisa 1 gelas. Anda bisa memberikan ramuan ini kepada anak Anda sehari dua kali dengan takaran ½ gelas setiap kali minum.

  5. Oralit. Sejak dulu oralit memang sudah menjadi salah satu obat diare anak tradisional alami yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, dalam 25 tahun terakhir ini oralit telah berhasil mengatasi kasus diare lebih dari 50 juta anak yang ada di dunia. Anda tidak perlu membeli oralit, karena obat diare ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menyiapkan sekitar 200 ml air hangat, 2 sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh garam dapur. Larutkan ketiga bahan tersebut dengan menggunakan air hangat lalu berikan kepada anak dengan takaran yang sesuai. Apabila Anak Anda dibawah 1 tahun disarankan untuk memberikan ½ gelas oralit saja, sedangkan apabila anak Anda berusia di atas 1 tahun Anda bisa memberikannya dengan takaran 1 gelas.
Baca juga: