search-button

Dec 9, 2016

5 Obat Diare Tradisional

   
Advertisements
Obat Diare Tradisional Alami

Apotik Sehat – Diare atau mencret adalah penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri dan menyerang saluran pencernaan kita. Apabila terserang diare biasanya akan membuat seseorang terus menerus buang air besar. Apabila telah parah biasanya diare diikuti mual dan juga muntah-muntah serta tubuh menjadi lemas, karena tubuh menjadi dehidrasi sehingga bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu apabila terserang diare, Anda harus mengobatinya secepat mungkin, baik itu dengan berobat ke dokter atau dengan menggunakan obat diare tradisional seperti dibawah ini.

Obat Diare Tradisional Sebagai Langkah Awal Mengobati Diare


  1. Larutan Oralit. Larutan oralit adalah obat diare tradisional paling ampuh yang bisa megganti cairan tubuh yang hilang dan bisa Anda buat sendiri dirumah atau membelinya di apotek terdekat. Caranya adalah dengan mencampur garam dan air putih, kemudian minum sedikit demi sedikit sebanyak 2 sampai 3 kali teggukan. Lalu berhenti selama 3 menit dan ulang terus sampai larutan oralit habis.

  2. Air Kelapa. Air kelapa juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi diare, karena air kelapa mengandung elektrolit yang bisa membantu untuk mengganti cairan tubuh selain itu juga bisa membunuh bakteri penyebab dari diare. Cukup minum air kelapa secara rutin sampai diare Anda sembuh, tanpa dicampur dengan gula, es maupun sirup.
  3. Kunyit. Kunyit memang terkenal sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ambil kunyit seukuran ½ jari, satu sendok teh kapur sirih, serta satu gelas air putih. Cuci kunyit sampai bersih lalu rebus dengan 1 gelas air hingga tersisa 1/3 nya. Tambahkan kapur sirih dan aduk hingga rata. Setelah air dingin, saring dan minum 3 kali sehari sampai diare Anda sembuh.

  4. Jambu Biji. Buah jambu biji serta daun jambu biji memang telah lama dikenal sebagai obat diare yang sangat. Jadi tidak mengherankan apablia sudah banyak orang yang menggunakannya untuk menyembuhkan diare. Anda bisa mengkonsumsi buah jambu biji secara langsung buah jambu biji atau Anda bisa juga mengambil daun jambu biji yang masih muda untuk ditumbuk dan ditambahkan dengan sedikit garam atau Anda juga bisa mengunyah langsung pucuk daun jambu biji yang masih muda.

  5. Akar Jeruk Nipis. Mungkin sebagaian orang menganggap akar jeruk nipis tidak ada gunanya. Akan tetapi ternyata akar dari jeruk nipis bisa digunakan sebagai obat diare tradisional. Caranya adalah dengan mengambil 8 akar jeruk nipis lalu cuci sampai bersih, kemudian rebus didalam 12 gelas air sampai hanya tersisa sekitar 8 gelas air rebusan, setelah dingin, saring air rebusan tersebut, kemudian minum dua kali sehari pada pagi dan sore hari secara rutin hingga diare Anda sembuh.