search-button

Sep 15, 2016

5 Obat Gondokan Tradisonal

   
Advertisements
Obat Gondokan Tradisonal

Apotik Sehat – Penyakit gondokan telah menjadi satu dari sekian banyak penyakit yang sampai saat ini masih ditemui di Indonesia. Kekurangan yodium merupakan salah satu penyebab seseorang dapat terserang penyakit ini. Awal mula dari penyakit gondokan biasanya ditandai dengan munculnya bengkak pada bagian leher yang semakin lama semakin membesar. Apabila tidak diobati dengan cepat dan tepat, penyakit ini bisa sangat membahayakan. Berikut ini beberapa obat gondokan tradisional yang sangat baik untuk digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Obat Gondokan Tradisonal Alami


  1. Buah Nanas. Mungkin masih banyak yang tidak menyadari manfaat dari mengkonsumsi buah nanas, dan salah satu manfaat dari buah nanas adalah sebagai obat gondokan tradisional yang dapat menyembuhkan gondokan dengan lebih cepat dan mencegahnya datang kembali. Caranya adalah dengan mencuci bersih buah nanas terlebih dahulu dan menghilangkan getahnya untuk dinikmati secara langsung ataupun diolah menjadi makanan atau minuman yang menyegarkan dan juga sehat.

  2. Bawang Putih. Obat alami memang lebih aman dibandingkan dengan obat kimia yang bisa berbahaya untuk tubuh apabila diberikan secara berkala. Untuk mengobati gondokan pada anak Anda bisa menggunakan bawang putih, yaitu Anda bisa menambahkan banyak bawang putih memasak pada makanan anak Anda. Bawang putih dapat membantu dalam merangsang produksi glutathione yang sangat penting untuk menambah fungsi dari kelenjar tiroid pada tubuh anak.

  3. Dandellion. Obati gondokan dengan memanfaatkan obat herbal seperti dendellion, dapat Anda lakukan secara teratur di rumah sampai penyakit gondokan sembuh 100%. Cukup dengan mengkonsumsi daun dandelion 2-3 kali setiap hari dapat mengurangi pembengkakan dan juga  menghilangkan rasa tidak nyaman yang datang pada saat penyakit gondokan semakin parah.

  4. Sayuran yang Kaya Akan Yodium. Salah satu cara mengobati gondokan secara alami yang bisa Anda aplikasikan sendiri dirumah adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran yang memiliki kandungan yodium tinggi. Cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif pertolongan pertama terbaik dalam menyembuhkan penyakit gondokan daripada Anda mengkonsumsi obat-obatan kimia. Yodium adalah bahan utama untuk mengobati penyakit gondokan, akan tetapi sayangnya kita tidak dapat mengkonsumsi garam beryodium dengan jumlah yang berlebihan apabila mengingat efek negatif yang akan ditimbulkannya, untuk itu, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi sayuran beryodium.

  5. Selada Air. Mengkonsumsi selada air bisa dijadikan sebagai salah satu obat gondokan tradisional. Salada air mempunyai kandungan yodium yang cukup tinggi yang dapat mencegah Anda terhidar dari penyakit gondokan. Anda dapat mengolah selada air menjadi tumisan, sup atau Anda bisa mengkonsumsinya langsung sebagai lalapan. mengkonsumsi sayuran ini setiap hari akan dapat mempercepat proses pengobatan penyakit gondokan.
Baca juga: