search-button

Sep 15, 2016

5 Obat Liver Tradisional Alami

   
Advertisements
Obat Liver Tradisional dari Bahan Alami

Apotik sehat – Sakit liver disebabkan karena adanya peradangan pada hati, yang apabila tidak diatasi bisa menyebabkan kematian. Untuk mengobati penyakit ini kita bisa menggunakan obat liver tradisional alami yang berasal dari tanaman obat yang berfungsi membantu dalam proses perbaikan fungsi hati dari pengaruh zat beracun. Berikut ini beberapa contoh obat herbal yang biasa digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit liver yang bisa dengan mudah kita dapatkan di sekitar kita.

Obat Liver Tradisional Alami yang Ada di Sekitar Kita


  1. Mengkudu. Mengkudu telah dikenal oleh masyarakat luas sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit liver. Caranya adalah dengan meminum air perasan buah mengkudu yang sudah matang atau bisa juga dengan cara menumbuk kulit buah mengkudu halus dan diberi sedikit cuku lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang untuk kemudian dukukus atau dipanskan sebentar diatas api untuk kemudian tempelkan bungkusan obat liver tradisional alami ini pada perut bagian kanan atas tempat hati yang sedang sakit dan mengalami pembengkakkan.

  2. Temu Lawak. Sebagai tanaman rimpang, temu lawak juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit liver. Caranya adalah dengan memarut sekitar 2 jari temu lawak yang telah di cuci dengan bersih dan dikupas kulitnya, kemudian tambahkan dengan setengah gelas air hangat serta satu sendok makan madu. Aduk campuran obat ini sampai rata, lalu peras untuk diambil sarinya. Minumlah air saringan obat ini sebanyak 2 kali sehari.

  3. Brotowali. Brotowali merupakan tanaman obat herbal yang juga sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit liver. Caranya adalah dengan mencuci bersih batang brotowali, kemudian potong-potong dan direbus dengan menggunakan 3 gelas air putih. Setelah mendidih, diamkan sampai air hanya tingga 1 gelas saja. Air rebusan inilah yang berkhasiat untuk mengobati sakit liver. Minum air rebusan brotowali ini sehari 2 kali, ½ gelas setiap kali minum.

  4. Batang Bugenfil. Sama halnya dengan brotowali, cara membuat obat liver dengan menggunakan batang bogenvil juga dilakukan dengan meminum air rebusan batang bogenvil yang telah dicuci bersih dan dipotong tipis-tipis. Rebus batang bogenvil dengan menggunakan 3 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas saja, setelah dingin Anda bisa menambahkannya dengan madu. Minum ramuan obat ini 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

  5. Kunyit. Kunyit memang sangat banyak khasiatnya, sehingga tidak mengherankan apabila tanaman rimpang ini sering digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Sebagai obat liver tradisional alami kunyit dapat diolah dengan cara memarut kunyit yang sudah di cuci dengan bersih, kemudian beri sedikit air agar dapat diambil airnya. Peras kunyit dan tambahkan madu lalu minum ramuan ini tiga kali sehari.