search-button

Sep 16, 2016

5 Obat Luka Bakar Tradisional

   
Advertisements
Obat Luka Bakar Tradisional Alami

Apotik Sehat – Luka bakar bisa dialami oleh siapa saja secara tiba-tiba, misalnya ketika di rumah terutama pada saat sedang memasak di dapur, tanpa sengaja kita bisa terkena minyak panas atau air mendidih. Agar luka bakar tidak berdampak lebih serius lagi, pada saat mengalaminya Anda harus melakukan tindakan yang cepat dan juga tepat. Akan tetapi, tidak semua orang tahu tindakan apa yang harus dilakukan dan obat apa yang harus mereka gunakan untuk mencegah intensitas luka bakar serta kerusakan yang diakibatkannya. Apabila suatu saat Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda tetap tenang dan janganlah panik, sebab banyak sekali obat luka bakar tradisional yang bisa Anda gunakan sebagai pertolongan pertama pada saat terkena luka bakar yang bisa Anda dapatkan di sekitar rumah Anda. solusi untuk mengatasinya mudah ditemukan di sekitar Anda.

Obat Luka Bakar Tradisional Yang Ada di Sekitar Rumah


  1. Madu. Anda bisa memanfaatkan madu sebagai obat luka bakar tradisional yang efektif, karena madu merupakan antibiotik alami, yang dapat mensterilkan luka serta membantu menyembuhkan luka bakar secara efektif. Dengan mengoleskan madu pada luka bakar tidak hanya akan membantu mengobati luka bakar, akan tetapi madu juga dapat meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh luka bakar. Selain itu madu juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jaringan parut di kulit setelah sembuh dari luka bakar.

  2. Putih Telur. Mungkin Anda belum pernah menggunakan putih telur sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka bakar, akan tetapi putih telur sebenarnya merupakan obat yang populer untuk mengobati luka bakar. Caranya adalah dengan merendam kulit yang terbakar menggunakan putih telur selama beberapa jam, setelah menggunakannya Anda tidak lagi akan merasakan rasa sakit yang diakibatkan oleh luka bakar.

  3. Kulit Pisang. Lutein pada kulit pisang merupakan antioksidan yang sangat kuat sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan maupun peradangan yang diakibatkan oleh pembakaran dan membantu dalam menyembuhkan area kulit yang terbakar serta dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh luka bakar. Caranya adalah dengan meletakkan kulit pisang pada area kulit yang terbakar dan menggosokkannya dengan lembut, lalu biarkan hingga kulit pisang menghitam. Ulangi proses tersebut untuk bisa mendapatkan penyembuhan yang lebih cepat.

  4. Lidah Buaya. Lidah buaya mempunyai sifat menyejukkan sehingga sangat bagus untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya adalah dengan memotong beberapa daun lidah buaya lalu gosokkan pada kulit yang terbakar. Obat herbal ini tidak hanya membantu Anda menyembuhkan luka bakar akan tetapi tetapi juga akan memberikan sensasi dingin yang dapat mengurangi rasa sakit dan juga peradangan.

  5. Kentang. Keberadaan kentang sebagai obat luka bakar bagi sebagian orang mungkin cukup asing, akan tetapi faktanya kentang sangatlah efektif untuk mengobati luka bakar. Anda bisa menggunakan kentang mentah untuk membantu menyembuhkan kulit yang terkena luka bakar, karena sifat anti-iritasi yang terkandung di dalam obat luka bakar tradisional  ini dapat mengurangi rasa sakit serta mencegah kulit melepuh. Caranya dengan memotong beberapa iris kentang mentah lalu digosokkan pada kulit yang terkena luka bakar secara perlahan. Pastikan kulit yang terkena luka bakar terkena sari dari kentang tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa menggunakannya tepat setelah terjadi luka bakar.
Baca juga: