search-button

Sep 17, 2016

5 Obat Muntaber Tradisional

   
Advertisements
Obat Muntaber Tradisional Alami

Apotik Sehat – Muntaber merupakan suatu keadaan dimana tubuh kita mengalami muntah-muntah yang disertai dengan buang air besar secara terus menerus dengan vases yang berlendir atau cair. Muntaber sangat rentan terjadi pada anak-anak antara usia 2 sampai 8 tahun, sebab pada usia ini daya tahan tubuh belum stabil atau kuat. Selain bisa diobati dengan obat apotik, penyakit ini juga bisa disembuhkan dengan Obat muntaber tradisional. Muntaber adalah jenis penyakit yang biasanya disebabkan oleh bakteri eschericial coli (e.coli) akan tetapi muntaber juga bisa disebabkan oleh virus, keracunan makanan atau minuman, dan juga lingkungan yang kurang bersih.

Obat Muntaber Tradisional yang Mudah Didapatkan


  1. Larutan Oralit. Sebagai tindakan awal yang dapat Anda lakukan ketika terkena muntaber adalah dengan membuat larutan oralit yang berfungsi untuk mencegah dehidrasi pada penderita muntaber. Oralit bisa Anda dapatkan dengan mudah diapotik-apotik terdekat, atau Anda bisa juga membuat obat muntaber tradisional ini sendiri dirumah, yaitu dengan cara mencampur 1 gr garam dapur dan 4 gr gula pasir ke dalam 200cc air matang. Minum 2 atau 3 gelas larutan oralit ini setiap kali penderita habis muntah. Larutan ini bisa Anda berikan pada pasien sampai mendapat penanganan medis.

  2. Air Kelapa. Selain oralit air kelapa juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi muntaber pada tahap awal, karena kandungan yang terdapat di dalam air kelapa sangat berguna untuk melawan racun yang mungkin menjadi penyebab muntaber. Minumlah air kelapa yang masih segar langsung dari buahnya (jangan menggunakan gelas) tanpa ditambahi dengan gula ataupun es batu.

  3. Daun Jambu Biji. Sejak jaman dahulu daun jambu biji memang telah terkenal berkhasiat sebagai obat muntaber. Anda bisa memakan pucuk daun biji secara langsung atau bisa juga dengan mencampurnya dengan obat herbal lainnya. Contohnya dengan menghaluskan daun 7 lembar daun jambu biji dan 7 lembar daun teh hijau, serta 1 buah pisang, setelah halus Anda bisa menambahkannya dengan air secukupnya, kemudaian saring dan ambil airnya untuk Anda minum sebanyak 3 kali sehari.

  4. Bawang Putih. Bawang putih bisa digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati muntaber dengan cepat. Biasanya penyakit muntaber bisa sembuh setelah 4 jam pengobatan. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa bawang putih sampai halus, kemudian tambahkan garam secukupnya, lalu seduh dengan air panas dan minum setelah airnya agak dingin.

  5. Daun Sembung. Daun sembung juga merupakan salah satu obat muntaber tradisional yang telah dikenal sangat cepat dalam mengobati penyakit muntaber. Caranya adalah dengan merebus 5 lembar pucuk daun sembung dengan 2 gelas air. Rebus air hingga mendidih dan tersisa sekitar 1 gelas. Minum obat tradisional ini 2 kali sehari sampai sembuh.
Baca juga :
Muntaber tidak bisa dianggap sepele, karena apabila tidak ditangani dengan cepat penyakit ini bisa berakibat fatal. Untuk itu apabila terkena muntaber Anda harus segera mengobatinya dengan pergi ke dokter atau bisa juga dengan memanfaatkan obat muntaber tradisional seperti yang telah dijelaskan diatas.