search-button

Nov 16, 2016

5 Obat Sakit Gigi Tradisional

   
Advertisements
Obat Sakit Gigi Tradisional dari Bahan Alami

Apotik Sehat – Sebenarnya merawat kesehatan gigi itu tidak sulit asalkan ada kemauan dan budget Anda sudah bisa merawat kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Ada tiga hal yang harus Anda lakukan untuk memiliki gigi dan gusi yang sehat dan terlihat bersih yaitu dengan rutin menggosok gigi 2x setiap hari, pagi dan malam hari, rutin membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel menggunakan alat khusus agar tidak membentuk plak dan karang gigi dan terakhir rajin berkonsultasi pada dokter.

Obat Sakit Gigi Tradisional Alami


  1. Cengkeh. Alih-alih minum aspirin untuk membantu meringankan rasa nyeri karena sakit gigi, banyak orang yang lebih memilih untuk memanfaatkan cengkeh sebagai pengobatan alami yang efektif. Minyak cengkeh dipercaya karena bersifat antiseptik, anti-inflamasi, anti-bakteri yang mampu membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Untuk menggunakan minyak cengkeh, cukup teteskan minyak cengkeh secukupnya pada bola kapas bersih dan tempatkan bola kapas tersebut tepat di gigi yang sakit. Selain efektif untuk membunuh kuman dan bakteri, minyak cengkeh juga efektif untuk meringankan rasa sakit pada gigi, jadi gunakanlah obat alami ini secara teratur.

  2. Bawang Putih. Selain minyak cengkeh, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat sakit gigi tradisional yang sangat efektif untuk membantu mengatasi sakit gigi. Bawang putih memang dikenal sebagai bumbu dapur yang seringkali digunakan untuk mengolah banyak makanan mentah menjadi aneka makanan matang yang lezat dan menggugah selera, namun dalam beberapa kesempatan, banyak orang yang memanfaatkan bawang putih untuk membantu mengatasi berbagai penyakit termasuk sakit gigi. Atasi sakit gigi segera dengan mengunyah bawang putih mentah langsung setelah selesai dikupas atau dengan menumbuk bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih untuk kemudian ditempatkan langsung pada bagian gigi yang terasa nyeri.

  3. Jahe. Obat herbal ketiga untuk membantu mengatasi sakit gigi yang menyakitkan adalah rempah jahe. Jahe banyak digunakan dalam membuat aneka makanan yang lezat dan minuman yang menghangatkan badan, jahe sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang mampu meringankan berbagai gangguan kesehatan. Dan untuk mengatasi sakit gigi dengan jahe, caranya tidak berbeda jauh seperti menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi herbal, cukup parut jahe dan tempatkan pada gigi yang sakit atau kunyah saja langsung, bila Anda tidak suka dengan rasa pedas dan pahitnya, Anda bisa membuat minuman hangat dari jahe yang banyak.

  4. Daun Teh. Merupakan obat sakit gigi tradisional yang banyak digunakan di Indonesia, karena daun ini memiliki kandungan zat tanin yang mampu meringankan rasa sakit pada gigi. Yang perlu Anda lakukan hanya menempatkan kantung teh celup yang sudah diseduh dan didinginkan sebelumnya pada gigi yang sakit, tunggu beberapa menit baru keluarkan dari dalam mulut.

  5. Bayam. Sakit gigi yang menyiksa karena sangat menyakitkan bisa segera diatasi dengan mengkonsumsi bayam atau mengunyah segenggam bayam. Bayam mengandung kalsium serta zat besi yang mampu meringankan sakit gigi dan efektif mengobati sakit gigi. Tidak aneh jika bayam termasuk satu dari 5 obat sakit gigi tradisional yang cukup ampuh.

Gigi yang tidak sehat berisiko besar mengalami gigi berlubang dan karies gigi, dua hal yang akan membuat Anda kurang percaya diri, gigi yang tidak sehat sewaktu-waktu akan terasa sakit dan rasa sakitnya hanya bisa diredakan dengan mengkonsumsi obat sakit gigi, baik yang tradisional maupun obat medis.