search-button

Sep 18, 2016

5 Obat Penambah Nafsu Makan Tradisional

   
Advertisements
Obat Penambah Nafsu Makan Tradisional

Apotik Sehat – Makanan adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi tumbuh dan gerak dari tubuh kita. Pertumbuhan badan kita dapat dipengaruhi dari makanan yang kita santap sehari-hari. Di dalam tubuh, makanan yang kita asup akan diolah lalu diambil sari-sarinya. Tubuh yang terlihat segar dan memiliki berat badan ideal merupakan ciri-ciri tubuh dapat menyerap sari makanan dengan sempurna. Apabila kita tidak mempunyai nafsu makan yang baik, tubuh kita bisa jadi sedang mengalami masalah, akan tetapi terkadang kita tidak menyadarinya. Apabila hal ini kita biarkan terus menerus, maka tubuh kita akan terasa lemas, konsentrasi menjadi terganggu dan mudah untuk terserang penyakit. Sebenarnya, ada banyak tanaman obat penambah nafsu makan tradisional di sekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai penambah nafsu makan. Apa sajakah tanaman-tanaman tersebut?

Obat Penambah Nafsu Makan Tradisional yang Ada di Sekitar Kita


  1. Temu ireng. Rimpang yang satu ini telah terkenal dengan rasanya sangat pahit dan biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat jamu. Apabila nafsu makan Anda menurun, Anda bisa menumbuk obat penambah nafsu makan tradisional ini dan mengambil sarinya untuk Anda minum. Setelah beberapa kali meminum jamu temu ireng, maka nafsu makan Anda akan kembali normal. Mengkonsumsi sari temu ireng secara teratur maka tubuh Anda akan bertambah gemuk dan juga lebih berisi.

  2. Pare. Buah memanjang yang memiliki tekstur seperti gelembung-gelembung padat pada sekujur badan buahnya ini biasa dimasak untuk dijadikan sayur sayur atau direbus untuk dikonsumsi dengan siomay. Pare mempunyai banyak khasiat, diantaranya adalah untuk menambah nafsu makan, membersihkan darah, menghilangkan jerawat dan mencegah kanker.

  3. Daun Pepaya. Memakan buah pepaya, rasanya tentu sangat enak dan manis. Akan tetapi apabila kita memakan daunnya, maka kita akan memperoleh sensasi yang berbeda. Walaupun rasa dari daun pepaya sangat pahit, akan tetapi daun pepaya bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menambah nafsu makan.

  4. Brotowali. Cucilah daun brotowali beserta batangnya sampai bersih lalu potong kecil-kecil, kemudian masukkan kedalam wadah dan rebus obat herbal ini dengan 2 gelas air sampai tinggal setengahnya. Apabila telah dingin, saring air dari rebusan daun dan batang brotowali tersebut. Minum sehari satu gelas, lakukan hal ini selama beberapa hari.

  5. Tomat. Rasa tomat yang sedikit masam menandakan tomat kaya akan kandungan garam mineral, inilah yang dapat membuat nafsu makan Anda menjadi bertambah, setelah menyantap buah tomat. Pilihlah buah tomat yang sudah matang dan masih segar untuk dijadikan sebagai obat penambah nafsu makan tradisional yang bisa Anda buat sendiri di rumah, kemudian potong-potong buah tomat tersebut dan buang bagian bijinya, blender tomat, sajikan dalam bentuk jus. Mineral-mineral yang ada di dalam jus tomat juga akan merangsang pengeluaran air liur, sehingga akan menambah rasa lapar dan memungkinkan untuk dapat mencerna makanan dengan lebih baik.
Baca juga:
5 Obat Penambah Nafsu Makan di Apotik
5 Obat Penambah Berat Badan Di Apotik