search-button

Sep 20, 2016

5 Obat Penurun Gula Darah Tradisional

   
Advertisements
Obat Penurun Gula Darah Alami

Apotik Sehat –  Penderita diabetes melitus belakangan ini di tanah air terus meningkat. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyaknya karbohidrat yang dikonsumsi. Untuk itu mengurangi karbohidrat seperti nasi harus dilakukan agar kadar gula darah di dalam tubuh dapat tetap terkendali. Dengan semakin meningkatnya penderita diabetes membuat semakin banyak juga orang yang membutuhkan obat diabetes, mulai dari obat yang berasal dari resep dokter maupun obat penurun gula darah tradisional.

Obat Penurun Gula Darah Tradisional Dari Bahan Alami


  1. Kayu Manis. Kayu manis merupakan sejenis rempah yang mempunyai aroma harum dan rasa yang manis. Selain digunakan sebagai bahan masakan, kayu manis juga bisa dijadikan sebagai obat penurun darah tradisional. Hal ini dikarenakan kayu manis mempunyai kandungan antioksidan yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Bahkan satu gram kayu manis saja, dapat dengan baik menurunkan kadar gula darah.

  2. Pare. Pare yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk menurunkan gula darah dikarenakan di dalam pare terdapat kandungan charntin, yang menyerupai insulin dan alkaloid. Zat ini secara aktif akan mempengaruhi dalam menurunkan kadar gula darah. Selain itu pare juga dapat membantu dalam mencegah penurunan insulin dengan jalan sebagai pengatur penggunaan gula pada metabolisme tubuh yang diperoleh dari makanan. Cara menggunakannya adalah dengan mencuci hingga bersih sekitar 200 gram buah pare segar lalu dipotong-potong, kemudian masukkan kedalam 2 gelas air, rebus sampai mendidih dan biarkan sampai tinggal tersisa 1 gelas air rebusan saja, setelah itu angkat dan diamkan, setelah air rebusan dingin Anda bisa meminum air rebusan tersebut.

  3. Buah Merah. Buah merah merupakan buah tradisional khas Papua. Nama ilmiah dari buah ini adalah Pandanus Conoideus. Buah merah bisa dijadikan sebagai obat penurun gula darah, karena obat alami ini dapat memperbaiki fungsi kerja dari pankreas untuk memproduksi insulin dengan baik serta menghilangkan resistensi insulin oleh tubuh.

  4. Beras Ketan Hitam. Beras ketan hitam telah terbukti khasiatnya dalam menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Caranya dengan mencucinya hingga bersih lalu seduh dengan 1 gelas air panas, tutup gelas dan biarkan sampai dingin. Minum air seduhan tersebut 3x sehari, pada pagi, siang, dan malam hari sebelum makan. Biarkan ampas dari ketan hitam di dalam gelas, karena ampas tersebut masih dapat digunakan lagi hingga 2 kali.

  5. Ginseng. Ginseng bisa dijadikan sebagai obat penurun gula darah tradisional yang terbukti dapat memperlambut penyerapan karbohidrat dan meningkatkan kemampuan sel tubuh dalam menyerap glukosa. Selain itu ginseng juga dapat meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas, sehingga dapat menurunkan kadar gula sampai dengan 20%. Anda bisa mendapatkan ginseng ini dalam bentuk kapsul atau tablet, yang bisa Anda minum sebanyak 3 kali sehari.
Sejumlah tanaman obat memang dapat dijadikan sebagai obat penurun gula darah tradisional, karena tanaman tersebut memiliki efek seperti insulin di dalam tubuh manusia, yang apabila dipadu dengan pola makan serta olah raga yang teratur.
Baca juga: