search-button

Nov 17, 2016

5 Obat Penurun Panas Bayi Tradisional

   
Advertisements
Obat Penurun Panas Bayi Tradisional
Apotik Sehat – Kondisi badan panas yang cukup tinggi tentu akan membuat bayi Anda menjadi rewel dan terkadang juga bisa membuat Anda menjadi panik. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan pada saat mendapati bayi terkena demam tinggi, dan salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan demam pada bayi adalah dengan memberikan ASI, selain itu Anda juga bisa melakukan pengompresan dengan memakai air dingin. Setelah panas menurun, kita dapat melanjutkannya dengan memberikan obat penurun panas bayi tradisional seperti berikut ini.

Obat Penurun Panas Bayi Tradisional Yang Efektif


  1. Bawang Merah. Bawang merah mempunyai kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin, sehingga sering digunakan sebagai obat penurun panas bayi tradisional yang efektif. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengupas 5 butir bawang merah, lalu parut kasar dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Balurkan ramuan tersebut ke ubun-ubun dan juga seluruh tubuh bayi yang mengalami panas.

  2. Temulawak. Sejak dahulu keberadaan temulawak telah dimanfaatkan sebagai obat penurun panas. Caranya juga cukup sederhana, yaitu dengan mencuci bersih 10 gram rimpang temulawak, kemudian parut dan tambahkan ke dalam 1/2 gelas air panas, aduk sampai rata. Setelah air dingin, obat herbal ini dapat Anda peras dan ambil sarinya saja. Kemudian campurkan sari temulawak dengan madu asli sebanyak 2 sdm, lalu aduk hingga rata dan berikan kepada bayi Anda 3 kalli sehari.

  3. Kunyit. Kunyit mempunyai kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron, dan zingiberen yang bermanfaat sebagai antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan. Caranya memanfaatkannya juga sangat mudah, yaitu cukup dengan memarut umbi kunyit, lalu ditambahkan air panas sebanyak ½ gelas, aduk sampai rata. Setelah campuran obat alami ini menjadi dingin, Anda bisa memeras dan mengambil sarinya. Tambahkan sari kunyit dengan perasan 1/2  jeruk nipis dan 2 sdm madu, lalu aduk hingga rata, selanjutnya berikan sehari 3 kali.

  4. Sambiloto ( Andrographis paniculata ). Seperti yang telah kita ketahui, sambiloto dapat digunakan untuk menurunkan panas dengan cara direbus bersama dengan kunyit. Air rebusan inilah yang diberikan kepada anak Anak Anda yang sedang mengalami demam untuk diminum 3 kali sehari.

  5. Daun kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis). Daun kembang sepatu mengandung flavonoida, polifenol dan saponin. Apabila dicampurkan dengan Daun kapuk dan daun sirih lalu dipanaskan sebentar saja di atas api agar daun-daun tersebut menjadi lemas maka bisa dijadikan sebagai obat penurun panas bayi tradisional alami. Setelah daun menjadi lemas, Anda bisa meremas-remasnya dengan terlebih dahulu diolesi minyak kelapa, setelah itu bisa kompreskan pada bagian perut dan kepala anak Anda.

Obat penurun panas bayi tradisional yang telah kami jelaskan ditas, bisa Anda dapatkan dengan mudaj. Apalagi jika Anda telah menanamnya disejitar rumah.