search-button

Sep 27, 2016

5 Obat Penyakit ISPA Alami

   
Advertisements
Kencur Sebagai Obat Penyakit ISPA Alami
Apotik Sehat – Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) adalah suatu penyakit yang sering terjadi pada saat pergantian musim (pancaroba). Penyakit ini biasanya sering menyerang anak-anak, sebab pada saat musim pancaroba biasanya sistem kekebalan tubuh mereka menurun, sehingga mereka menjadi rentan terhadap penyakit ISPA ini. Gejala dari penyakit ini biasanya diawali dengan sesak nafas, batuk-batuk, samapai nyeri pada bagian dada. Banyak sekali tanaman obat yang bisa membantu dalam mengobati penyakit ISPA ini. Apakah Anda sudah mengtahui tanaman obat penyakit ISPA alami apa saja yang bisa Anda gunakan? Apabila Anda belum mengetahuinya berikut ini tanaman-tanaman obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit ISPA.

Tanaman Obat Penyakit ISPA alami

  1. Kencur (Kaempferia Galanga L). Kencur adalah obat herbal yang bisa tumbuh dengan subur didaerah berdataran rendah ataupun di pegunungan yang memiliki tanah gembur dan tidak memiliki kandungan air yang banyak. Kencur memang tergolong dalam tanaman yang memang banyak digunakan sebagai bahan obat dan salah khasiat dari kencur ini adalah sebagai obat penyakit ISPA alami yang ampuh untuk meredakan batuk, peluruh dahak, penyegar, penghangat dan penambah nafsu makan.
  2. Jahe (Zingiber Officinale). Jahe adalah obat alami yang telah sangat populer dan sering digunakan sebagai bahan obat atau pun rempah-rempah. Ciri khas dari jahe adalah rasanya yang pedas atau hangat yang berasal dari senyawa keton yang bernama Zingeron. Ada 3 jenis jahe yang sering kita temukan dipasaran, yaitu jahe kuning, jahe merah, dan jahe gajah (jahe badak). Khasiat dari jahe adalah bisa meredakan sakit, sebagai peluruh dahak dan angin, anti radang, pereda batuk, dan melancarkan sirkulasi darah.
  3. Pegagan (Centella Asiatica). Pegagan adalah tanaman herbal tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga. Tanaman ini bisa dengan mudah kita jumpai pada area disekitar perkebunan, daerah bebatuan, persawahan, ataupun di sela-sela rumput. Jenis yang paling sering di jumpai adalah pegagan merah pegagan hijau. Pegagan merah bisa di temui pada daerah bebatuan yang kering dan juga terbuka, sedangkan untuk jenis pegagan hijau bisa kita temui pada daerah yang sedikit lembap seperti pada daerah persawahan. Selain dapat berkhasiat untuk mengobati penyakit ISPA, pegagan juga dapat berkhasiat untuk menurunkan panas, membersihkan racun dan sebagai antiinfeksi.
  4. Peppermint. Peppermint merupakan hasil persilangan dari tanaman watermint dan spearmint yang bisa ditemukan secara liar. Minyak dari daun peppermint dapat bertindak karminatif, cholagogue, sekretolitik dan mempunyai senyawa anti-bakteri yang bisa mengobati beraneka macam penyakit, namun khasiat daun peppermint lebih dominan untuk mengatasi masalah saluran pencernaan dan saluran pernafasan.
  5. Elecampane. Elecampane adalah tanaman obat penyakit ISPA alami yang memiliki bentuk bunga menyerupai bunga matahari. Sejak dahulu, elecampane sudah dipakai sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit paru-paru terutama penyakit bronkitis. Dengan senyawa polisakarida unulin, polimer dari fruktosa, dan akarnya yang mengandung helenin membuat elecampane dipercaya dapat mengobati penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.
Baca juga: