search-button

Nov 28, 2016

5 Obat Sakit Mata Tradisional dan Alami

   
Advertisements
Daun Sirih Obat Sakit Mata Tradisional Alami
Apotik SehatObat sakit mata tradisional dan alami seharusnya bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan ketika Anda mengalami sakit mata. Karena obat tradisional merupakan obat yang dibuat dengan menggunakan bahan alami sehingga lebih aman untuk digunakan dibandingkan dengan jenis obat-obatan kimia. Sakit mata pada dasarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, secara umum keluhan yang dirasakan pada saat sakit mata adalah mata terasa panas, pedih, nyeri dan yang paling parah bisa membuat pandangan kita menjadi kurang jelas.

Obat Sakit Mata Tradisional dan Alami yang Ada di Sekitar Anda


  1. Daun Sirih. Daun sirih memang sudah lama dipercaya sebagai obat sakit mata tradisional alami, terutama untuk mengobati iritasi mata yang gatal dan merah. Caranya dengan mengambil beberapa lembar daun sirih kemudian direbus dengan air sampai mendidih. Setelah itu diamkan air rebusan tersebut menjadi dingin, kemudian rendam muka Anda di air rebusan daun sirih tersebut dengan mata terbuka yang bertujuan agar iritasi pada mata hilang dan sembuh.
  2. Kentang Mentah. Apabila cara diatas belum dapat menyembuhkan sakit mata Anda, Anda bisa menggunakan obat herbal lainnya, yaitu kentang. Cara menggunakannya adalah dengan mengiris tipis kentang mentah lalu ditempelkan pada mata Anda, hal ini akan membantu mendinginkan dan membuat rileks mata Anda sehingga bisa menghilangkan warna merah dan rasa gatal pada mata akibat perih, iritasi dan berair.
  3. Bawang Putih. Cara menggunakan bawang putih untuk dijadikan sebagai obat sakit mata adalah dengan memotong bagian ujung dari bawang putih, kemudian gosokkan pada bagian mata sejajar dengan bulu mata secara merata, sebaiknya dioleskan pada bagian bawah mata saja, seperti saat menggunakan eye liner. Tunggu beberapa saat, lalu bilah dengan air. Lakukan hal ini secara rutin dan sebaiknya Anda melakukan hal ini pada malam hari sebelum tidur.
  4. Susu Murni. Susu murni dapat digunakan sebagai obat mata yang gatal dan merah yaitu dengan cara meneteskan menggunakan kapas sebanyak beberapa tetes. Lakukan hal ini secara rutin samapi iritasi pada mata hilang dan sembuh.
  5. Irisan Timun. Irisan timun yang dingin juga dapat digunakan untuk mengobati mata yang gatal dan merah. Caranya dengan mengiiris timun tipis-tipis lalu diletakkan pada mata dan biarkan samapi timun kering kemudian diganti dengan yang baru samapi sakit pada mata Anda hilang. Menggunakan obat sakit mata tradisiaonal dan alami dari irisan timun memang sangat efektif dalam mengatasi mata yang gatal, sebab di dalm timun terkandung anti-iritasi yang menyegarkan.

Penyebab terjadinya sakit mata juga sangat banyak, bisa dikarenakan oleh alergi, infeksi ataupun karena kekurangan cairan, yang membuat mata menjadi terasa kering dan pedih. Apabila merasakan gejala tersebut, biasanya kita akan memilih untuk menggunakan obat tetes mata, karena selain lebih mudah digunakan, obat tetes mata harganya juga sangat terjangkau. Namun, apabila obat sakit mata tradisional dapat lebih aman, mengapa kita tidak mencobanya?
Baca juga: