search-button

Oct 1, 2016

5 Bisnis Apotek Dengan Modal Kecil

   
Advertisements
Tips Bisnis Apotek Dengan Modal Kecil
Sumber gambar: Apotek Viva Generik
Apotik Sehat – Banyak kalangan yang masih berpikiran bahwa untuk membuka usaha apotek akan selalu membutuhkan investasi dana yang cenderung besar. Tapi, bisnis apotek dengan modal kecil pun sebenarnya bisa dilakukan. Usaha atau bisnis obat-obatan seperti apotek juga dapat dijalankan dengan modal minimum atau kecil. Hanya saja memang masih banyak kalangan yang tidak mengetahui hal tersebut. Selain itu, karena presepsi pemikiran di atas maka banyak kalangan yang cenderung malas untuk mencoba.

Pilihan Untuk Bisnis Apotek Dengan Modal Kecil


Padahal sebenarnya untuk membuka usaha atau bisnis apotek dapat dirintis dengan menggunakan investasi modal awal yang kecil. Lalu apa saja pilihan untuk bisnis apotek yang dapat dijalankan dengan menggunakan modal kecil? Inilah 5 bisnis apotek dengan modal kecil yang dapat kita ketahui bersama.

1. Bisnis Apotek Mini
Ya, salah satu bisnis apotek yang dapat dijalankan dengan menggunakan modal kecil adalah bisnis apotek mini. Sesuai dengan namanya, apotek ini memang dibuat minimalis dengan tingkat kelengkapan obat yang masih cenderung rendah. Ragam obat-obatan yang disediakan pun tidak selengkap apotek besar pada umumnya. Selain itu, ukuran tempat yang digunakan untuk apotek juga tidaklah besar.

2. Bisnis Toko Obat
Jika membuat sebuah apotek masih dirasa membutuhkan modal yang cukup besar, maka pilihan lain yang dapat dicoba adalah membuat sebuah toko obat. Karena memang pada dasarnya toko obat memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan apotek. Karena toko obat biasanya hanya menjual berbagai macam obat-obatan ringan dan tidak akan menerima resep obat dari dokter. Sehingga toko obat akan membutuhkan investasi modal yang cenderung lebih kecil.

3. Bisnis Apotek Rumahan
Sebuah apotek pada umumnya akan membutuhkan tempat usaha tersendiri, akan tetapi bukan berarti apotek tidak dapat dijalankan dirumah. Selama sudah memiliki perizinan serta tempat yang strategis, maka membuka sebuah apotek dirumah pun tetap dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Bisnis apotek ini tidak membutuhkan modal yang besar karena Anda tidak perlu memikirkan biaya untuk sewa tempat seta dapat memanfaatkan beragam fasilitas yang telah ada dirumah.

4. Bisnis Toko Obat Merangkap Bisnis Lain
Jika Anda sudah memiliki dan menjalankan segmen bisnis lain seperti contohnya toko klontong atau warung, maka tentu tidak ada salahnya merangkap dengan toko obat. Hanya saja mungkin Anda juga harus menyediakan tempat khusus untuk toko obat namun masih satu atap dengan usaha atau bisnis yang dimiliki. Segmen toko obat dipilih karena memang modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, namun pastikan stok obat yang dimiliki merupakan produk obat resmi.

5. Bisnis Waralaba Apotek
Franchise atau waralaba apotek tentunya tidak haruss dijalankan dengan menggunakan modal yang besar. Akan tetapi dapat juga dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar, namun tentunya dengan sistem kerjasama dengan partner yang memang berkecimpung di perusahaan franchisor apotek. Dengan memiliki partner, maka modal yang Anda keluarkan mungkin tidak terlalu besar karena terdapat support. Sehingga Anda hanya tinggal menjalankan dan mengelola apotek tersebut.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai bisnis apotek dengan modal kecil yang dapat dicoba pada saat ini. Bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke dalam bisnis ini janganlah merasa ragu jika memiliki invstasi dana minimum. Karena selama ada kemauan maka tidak ada hal yang tidak mungkin diwujudkan, termasuk merintis sebuah bisnis apotek.