search-button

Oct 2, 2016

5 Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

   
Advertisements
Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Apotik Sehat – Sebagai seorang Ibu tentu Anda harus mengetahui ciri bayi tidak cocok susu formula, pasalnya jika susu formula yang diberikan tidak cocok maka sudah tentu tidak dapat dilanjutkan. Pasalnya diketahui bahwa tidak akan setiap bayi akan selalu cocok dengan berbagai macam produk susu formula.
Banyak mungkin yang terkadang masih beranggapan bahwa produk susu formula terbaik adalah produk dengan kisaran harga yang relatif mahal. Hal tersebut tentunya tidaklah benar, tanda bayi tidak cocok susu formula bukan dilihat dari harga produk karena pada nyatanya tidak semua bayi cocok dengan produk susu formula premium yang selalu memiliki kisaran harga yang cenderung tinggi.

Bahkan jika terus dipaksakan akan terjadi banyak gejala yang tentunya akan mengganggu kesehatan dari bayi Anda. Lalu, gejala apakah yang akan timbul saat bayi tidak cocok diberikan susu formula? Berikut ini adalah beberapa ciri bayi tidak cocok susu formula yang dapat kita perhatikan bersama.

Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

1. Gangguan Pencernaan
Salah satu gejala yang akan ditimbulkan saat bayi Anda tidak cocok dengan susu formula yang diberikan adalah gangguan pada pencernaan mereka. Beberapa ciri yang dapat diketahui antara lain seperti mudah kembung pada perutnya, muntah-muntah, sering buang angin, bahkan akan menunjukan gejala seperti rewel hingga gelisah saat tidur. Selain itu, susu formula yang tidak cocok juga akan menyebabkan bayi buang air besar hingga lebih dari 3 kali dalam sehari. Fesesnya sendiri biasanya akan berwarna hijau, cair, keras, hingga terdapat darah. Dan susu formula yang tidak cocok juga biasanya akan menyebabkan sulit buang air besar.

2. Alergi Kulit
Ya, gangguan lain yang akan dirasakan saat pemberian susu formula tidak cocok adalah teradinya alergi pada kulit. Beberapa tanda atau gejala yang timbul antara lain seperti adanya bintik hingga bisul pada bagian wajah khususnya pipi, telinga, hingga ruam popok. Terdapat juga kerak seperti ketombe pada bagian kulit kepala hingga bekas hitam seperti digigit nyamuk.

3. Gangguan Pada Lidah
Adanya gangguan pada lidah juga diketahui merupakan salah satu dampak dari tidak cocoknya susu formula yang diberikan. Lidah bayi akan terlihat berwarna putih dibagian tengahnya seperti terdapat jamur. Selain itu, bibirnya juga terlihat seperti kering, bibir pada bagian tengahnya memiliki warna yang lebih gelap, hingga terjadi bengkak pada gusinya.

4. Gangguan Pada Pernapasan
Susu formula yang tidak cocok juga ternyata dapat menimbulkan gangguan pernapasan pada bayi, gejala tersebut diketahui dengan tanda tidak teraturnya napas pada bayi Anda. Bahkan pada beberapa kasus ada juga yang hingga seperti mendengkur, dan juga akan disertai dengan gangguan lain seperti batuk, khususnya pada pagi dan malam hari.

5. Gangguan Hormonal
Gangguan hormonal mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu gangguan yang paling fatal dari tidak cocoknya susu formula yang diberikan. Gejalanya sendiri dapat dilihat dari timbulnya cairan seperti keputihan pada bagian alat vitalnya bahkan mengeluarkan darah. Terdapat bintik bernanah, bagian payudaranya membesar, hingga kerrontokan pada rambut.

Maka dari itulah mengapa pemberian susu formula pada bayi tidak dapat dilakukan sembarangan atau secara asal-asalan saja. Tidak hanya memperhatikan brand atau merk hingga harga saja, namun perhatikan juga tingkat kecocokannya. Karena tidak semua susu dengan kisarana harga mahal merupakan produk susu formula terbaik untuk buah hati Anda.

Setelah mengetahui Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula di atas tadi, harusnya kini Anda dapat lebih waspada dan berhati-hati. Jika tidak ingin terjadi sesuatu pada buah hati Anda, maka pemilihan secara selektif dan berhati-hati terhadap beragam jenis susu formula tentu akan lebih baik. Semoga dapat menjadi ulasan yang membantu sekaligus bermanfaat bagi Anda semua.
Baca juga: