search-button

Oct 2, 2016

5 Modal Awal Membuka Apotek

   
Advertisements

Apotik Sehat – Bicara soal modal awal membuka apotek, maka bagi Anda yang tertarik untuk terjun dalam bisnis obat-obatan tentu harus mengetahui serta memiliki modal-modal tersebut. Tidak dapat dipungkiri memang bahwa bisnis apotek sendiri merupakan salah satu segmen bisnis yang prospektif dan menjanjikan.
Hal tersebut karena beragam obat-obatan sendiri akan selalu dibutuhkan oleh hampir setiap kalangan individu pada umumnya. Maka dari itulah pangsa pasarnya sendiri masih terhitung sangat konsumtif dan tersedia luas di berbagai daerah. Sehingga tak heran jika bisnis apotek diperhitungkan sebagai salah satu segmen bisnis yang menjanjikan.

Tidak berbeda jauh dari berbagai macam segmen bisnis lainnya, dalam bisnis apotek juga diketahui banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah modal yang dibutuhkan untuk mendirikan apotek atau toko obat tersebut. Tidak hanya modal berupa finansial, akan tetapi dibutuhkan juga beragam modal lainnya disamping modal finansial.

Tips Modal Awal Membuka Usaha Apotek

Lalu modal apa saja yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah bisnis apotek? Untuk Anda yang ingin menambah wawasan atau memang tertarik dengan segmen bisnis ini, maka inilah modal awal membuka apotek yang dapat kita perhatikan bersama.

1. Modal Finansial
Tidak dapat dipungkiri memang bahwa modal finansial juga merupakan modal utama yang dibutuhkan saat seseorang akan mendirikan sebuah bisnis. Jika tidak ada modal finansial maka sudah tentu sebuah bisnis akan lebih sulit untuk dibangun. Karena modal finansial ini pada nantinya akan dialokasikan untuk berbagai kebutuhan dalam bisnis tersebut. Tidak terkecuali pada bisnis apotek ini.

2. Modal Tetap
Selain modal finansial, ada juga modal lain yang dibutuhkan antara lain seperti berbagai macam perlengkapan hingga bangunan untuk menjalankan usaha. Modal tersebut masuk pada kategori modal tetap karena tidak akan berubah dan akan selalu dibutuhkan sepanjang bisnis yang dijalankan masih beroperasi. Begitupun dengan bisnis seperti apotek, maka modal tetap tentu saja menjadi salah satu syarat utama yang wajib dimiliki.

3. Modal Operasional
Selain modal finansial awal, saat bisnis mulai beroperasi atau apotek mulai buka maka modal lain yang harus dimiliki adalah modal operasional ini. Modal operasional sendiri biasanya akan dialokasikan untuk kebutuhan seperti gaji karyawan, biaya listrik, biaya pemeliharaan bangunan dan peralatan, hingga telepo, air pam, dll. Tak hanya itu saja, biaya operasional juga biasanya dibutuhkan untuk persediaan obat.

4. Modal Cadangan
Modal cadangan juga masuk pada salah satu daftar modal yang wajib dimiliki saat akan mendirikan sebuah bisnis. Modal cadangan ini biasanya akan dialokasikan pada segmen seperti biaya operasional untuk jangka waktu 1 tahun pertama. Karena pada masa-masa tersebut profit atau pendapatan apotek masih belum diketahui secara pasti. Sehingga modal cadangan akan sangat dibutuhkan untuk dana talang sementara.

5. Modal Pengetahuan, Tekad, Dan Niat
Tentunya tidak hanya modal seperti finansial hingga sarana prasarana saja yang akan dibutuhkan dalam sebuah bisnis, akan tetapi modal lain seperti pengetahuan, niat, dan tentunya tekad juga akan selalu dibutuhkan. Terlebih untuk segmen bisnis khusus di bidang kesehatan seperti apotek, maka minimalnya anda harus memiliki modal pengetahuan dalam bidang tersebut. Karena segmen bisnis sangat sensitif terlebih berhubungan dengan bidang kesehatan.

Itulah modal awal membuka apotek yang mungkin wajib dimiliki oleh setiap pelaku bisnisnya. Bagi Anda yang memiliki rencana terjun ke bisnis apotek maka dapat menjadikan ulasan di atas sebagai penambah wawasan. Karena seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa wawasan dan pengetahuan juga masuk dalam kategori modal yang dibutuhkan dalam setiap segmen bisnis.
Baca juga: