search-button

Sep 29, 2016

5 Obat Disentri Tradisional

   
Advertisements

Apotik sehatObat disentri tradisional berikut ini mungkin dapat dikatakan sebagai varian obat herbal alami yang mudah dibuat. Mengapa demikian? Karena berbagai bahan alami yang digunakan memang terhitung mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Disentri merupakan salah satu kondisi dimana usus mengalami infeksi yang menyebabkan diare juga disertai dengan adanya lendir hingga darah. Penyebabnya sendiri bermacam-macam, namun penyebab utamanya sendiri diketahui biasanya berasal dari makanan dan minuman.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali, sehingga penderitanya sendiri terdiri dari kalangan usia balita, anak-anak, hingga orang dewasa. Ciri-ciri terkena penyakit ini adalah buang air besar encer berkali-kali dalam satu hari. Jika Anda mengalami hal tersebut maka sebaiknya dapat segera waspada dan langsung ditangani. Pengobatannya sendiri tidak hanya menggunakan metode medis saja, melainkan juga dapat menggunakan cara alami yang menggunakan ramuan herbal tradisional.

Berbagai Resep Obat Disentri Tradisional

Lalu bagaimana cara membuat ramuan herbal tradisional untuk mengobati disentri? Berikut ini adalah obat disentri tradisional yang mudah dibuat dari bahan alami yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita.

Resep Obat Disentri Tradisional 1
Resep obat herbal pertama ini menggunakan buah pare segar, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Buah pare segar sebanyak 2 buah
  • Air matang ¼ gelas
Cara membuatnya sendiri sangatlah mudah, pertama-tama cuci bersih buah pare yang telah disiapkan kemudian potong-potong hingga tidak terlalu besar. Siapkan blender kemudian masukan buah pare dan air lalu haluskan, angkat dan saring kemudian diminum dua kali sehari.

Resep Obat Disentri Tradisional 2
Resep obat herbal kedua ini menggunakan daun sambiloto yang sudah dikeringkan, dan bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
  • Daun sambiloto kering kurang lebih sekitar 13 gram
  • Air bersih sebanyak 4 gelas
  • Madu alami secukupnya
Cara membuat obat herbal ini juga tidak terlalu sulit, pertama-tama cuci bersih daun sambiloto kering tadi kemudian rebus dalam sebuah wadah bersamaan dengan air yang telah disiapkan. Setelah mendidih, biarkan airnya menyusut hingga setengahnya. Angkat dan saring air rebusan tersebut lalu campurkan madu secukupnya agar tidak terlalu pahit. Bagi dua air rebusan tesebut untuk diminum masing-masing sebanyak 1 gelas, yang dikonsumsi hingga dua kali dalam sehari.

Resep Obat Disentri Tradisional 3
Resep obat herbal yang ketiga ini menggunakan kulit manggis, adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Kulit buah manggis (dari 2 buah manggis)
  • 4 gelas air bersih
  • Madu alami secukupnya
Cara membuat obat herbal ini adalah dengan mencuci bersih kulit manggis tadi terlebih dahulu lalu dipotong-potong. Rebus bersama 4 gelas air bersih hingga mendidih, dan biarkan airnya surut hingga setengahnya. Saring air rebusan tersebut kemudian campurkan madu secukupnya, bagi dua dan minum air rebusan dua kali sehari.

Resep Obat Disentri Tradisional 4
Resep obat herbal ke empat ini menggunakan akar daun bayam merah, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Akar daun bayam merah sekitar 10 batang
  • Garam secukupnya
Cara membuatnya adalah cuci bersih akar bayam tersebut terlebih dahulu, kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit garam. Aduk hingga tercampur rata kemudian saring tumbukan akar bayam merah dan minumlah air perasannya.

Resep Obat Disentri Tradisional 5
Dan resep obat herbal yang terakhir ini menggunakan kulit buah mahkota dewa yang kering, adapun bahan yang dibutuhkan antara lain adalah :
  • Kulit buah mahkota dewa kering sebanyak 5 gram
  • Air bersih sebanyak 2 gelas
Cara membuatnya adalah cuci bersih kulih buah mahkota dewa kemudian rebus dengan air yang telah disiapkan kurang lebih selama 15 menit. Angkat dan dinginkan kemudian saring air rebusan, minum air rebusan tersebut 2 hingga 3 kali sehari.

Menggunakan varian obat-obatan herbal tentunya akan lebih aman untuk tubuh kita, pasalnya ramuan herbal dari bahan alami tidak akan memberikan efek samping negatif bagi tubuh. Tentunya tidak terkecuai pada obat disentri tradisional yang telah kita bahas tadi. Semoga dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat dan membantu Anda semuanya.
Baca juga: