search-button

Dec 7, 2016

5 Obat Eksim Tradisional Paling Ampuh

   
Advertisements
Lidah Buaya Sebagai Obat Eksim Tradisional Paling Ampuh

Apotik Sehat – Eksim merupakan penyakit kulit yang berbentuk lepuhan atau gelembung kecil di lapisan kulit. Penyakit eksim biasa disebut juga dengan dermatitis atau eksema atau peradangan kulit, dimana penderitanya akan merasakan gatal-gatal namun tidak menular atau menyebar kepada orang lain. Gejala awal dari penyakit eksim adalah kulit terasa gatal dan panas, terdapat bintik kecil yang bernanah ataupun kering, terdapat koreng pada bagian paha, sela-sela jari maupun tangan. Gejala kemerahan ini biasanya juga dapat muncul pada wajah, lutut dan daerah lain dari anggota tubuh. Untuk mengobati eksim kering maupun basah kita bisa memanfaatkan obat tradisional seperti kunyit dan lengkuas yang telah terkenal sebagai obat eksim tradisional paling ampuh.

Cara Membuat Ramuan Obat Eksim Tradisional Paling Ampuh


  1. Kunyit dan Jahe. Kunyit dan jahe bisa digunakan sebagai obat eksim tradisional paling ampuh dengan cara dibersihkan menggunakan air bersih, setelah itu parut kedua bahan tersebut, kemudian campurkan dengan kapur sirih, setelah tercampur dengan rata tempelkan ramuan tersebut di bagian yang terkena eksim, lalu balut dengan kain perban agar tidak terkena air, lakukan pengobatan ini dengan rutin dan usahakan kulit yang terkena eksim tadi tidak terkena sabun.
  2. Lidah Buaya. Lidah buaya merupakan obat herbal yang sangat baik dalam mengatasi penyakit eksim. Antimikroba serta anti inflamasi yang terkandung didalamnya dapat mengurangi rasa gatal dan mencegah terjadinya infeksi serta dapat melembabkan kulit. Cara meramunya adalah dengan meremas gel lidah buaya, lalu dioleskan pada bagian kulit yang terkena eksim, setelah itu biarkan sampai kering baru dibilas. Dan Anda juga dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan vitamin E untuk dioleskan 2 kali sehari selama beberapa minggu.
  3. Minyak Kelapa Murni. Obat alami selanjutnya yang ampuh untuk mengobati eksim adalah minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni mengandung anti bakteri, anti jamur, anti mikroba sehingga dapat dijadikan sebagai obat eksim, selain itu minyak kelapa murni juga mengandung sumber antioksidan yang sangat baik untuk kulit. selain itu vitamin E dan K yang terkandung didalamnya juga sangat baik dalam membantu mengobati gatal yang diakibatkan oleh eksim. Caranya menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian kulit yang terkena eksim hingga sembuh.
  4. Daun Widuri. Cara mengolah daun widuri untuk dijadikan sebagai obat eksim adalah dengan mencuci daun widuri sampai bersihm kemudian ditumbuk hingga halus, setelah itu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena eksim. Cara lainnya adalah dengan merebus daun widuri, kemudian campurkan dengan 1 sdt cuka apel kedalam segelas air lalu diminum.
  5. Daun Baru Cina. Cara membuat obat eksim tradisional paling ampuh dengan menggunakan daun baru cina adalah menumbuk daun baru cina yang telah dicuci hingga bersih sampai halus, kemudian tempelkan ke daerah yang terkena eksim. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya perban atau balutan diganti setiap 2 jam sekali.
Baca juga: