search-button

Sep 30, 2016

5 Obat Jamur Kulit Tradisional Paling Ampuh

   
Advertisements
Apotik Sehat – Bagi Anda yang tengah membutuhkan referensi mengenai obat herbal untuk jamur kulit maka obat jamur kulit tradisional paling ampuh berikut ini mungkin dapat menjadi pilihan. Dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan medis, tentu saja menggunakan ramuan herbal akan lebih aman dan tidak memberikan efek samping negatif bagi tubuh.

Permasalahan pada kulit seperti jamur atau jamur kulit memang merupakan permasalahan yang umum terjadi di kalangan masyarakat luas. Hingga saat ini penderitanya sendiri tentu sudah tidak terhitung jumlahnya, khususnya mereka yang tinggal di area wilayah dengan cuaca tropis. Karena di daerah tropis sendiri akan cenderung memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.

Pasalnya diketahui bahwa penyakit jamur kulit ini memang disebabkan oleh infeksi pada kulit yang kemudian dijadikan tempat berkembang biat oleh bakteri. Permasalahan ini dapat timbul karena tertular dari individual lain atau memang tidak pernah menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Karena penyakit kulit seperti jamur kulit ini memang sangat mudah menular.

Obat Jamur Kulit Tradisional Paling Ampuh

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas tadi sebelumnya, bahwa untuk mengatasi penyakit kulit ini tidak harus selalu menggunakan obat-obatan medis saja. Melainkan dapat juga menggunakan cara alami dengan yakni dengan ramuan herbal tradisional. Dan pada kesempatan kali ini kami akan coba referensikan obat jamur kulit tradisional paling ampuh berikut ini.

1. Lidah Buaya
Selain baik untuk perawatan rambut, ternyata tanaman lidah buaya juga memiliki banyak manfaat yang salah satunya adalah dapat mengobati penyakit jamur kulit. Cara pengobatannya sendiri tergolong mudah, siapkan beberapa tangkai tanaman lidah buaya segar kemudian kupas dan ambil gel atau lendirnya saja.
Oleskan gel atau lendir lidah buaya tersebut pada area tubuh yang terdapat jamur kulit, setelah itu biarkan kurang lebih selama setengah jam. Setelah kering, bilas dan bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini hingga 3 kali dalam 1 hari.

2. Bawang Putih
Bawang putih memang sudah dikenal mengandung cukup manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah membantu menghilangkan jamur pada kulit. Cara membuat obat herbal inipun tidaklah sulit, siapkan 1 siung bawang putih kemudian kupas dan cuci bersih. Setelah itu iris-iris bawang putih kemudian tempelkan pada area tubuh yang terdapat jamur.
Selain di iris, bawang putih juga dapat dihaluskan kemudian ditempelkan pada area tubuh yang terdapat jamur kulit. Untuk hasil yang optimal lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur hingga 2 kali dalam sehari, lakukan cara tersebut setiap sehabis mandi.

3. Kulit Manggis
Satu lagi obat herbal yang ampuh untuk mengatasi jamur kulit adalah ramuan dari kulit manggis. Untuk membuat ramuan herbal tersebut Anda hanya membutuhkan bahan-bahan seperti :
  • Kulit manggis sebanyak 100 gram
  • Daun sirih sebanyak 20 lembar
  • Air bersih secukupnya
Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan yang telah disiapkan tadi hingga mendidih. Diamkan air rebusan tersebut hingga hangat, kemudian gunakan untuk mencuci area tubuh yang terdapat jamur kulit dengan air rebusan tadi. Lakukan cara tersebut setiap sehabis mandi.

4. Temulawak
Cara membuat obat herbal untuk jamur kulit dari tanaman herbal ini pun tidaklah sulit, adapun beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain adalah :
  • Temulawak sebanyak 30 gram
  • Kunyit sebanyak 20 gram
  • Daun sambiloto sebanyak 10 gram
  • Air bersih secukupnya
Untuk membuat ramuan tradisional ini Anda dapat mencuci terlebih dahulu semua bahan yang telah disiapkan. Masukan pada sebuah wadah kemudian rebus seluruh bahan tersebut, namun waktu perebusannya sendiri cukup lama antara 2 hingga 5 hari berturut-turut. Teknik perebusan dilakukan sehari sekali kemudian diamkan hingga esok harinya, kemudian rebus kembali hinggga 5 hari berturut-turut. Setelah 5 hari, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari.

5. Daun Ketepeng
Daun ketepeng juga rupanya diyakini ampuh dalam mengatasi penyakit jamur kulit. Caranya pun sangatlah mudah karena Anda hanya tinggal menyiapkan daun ketepeng yang masih segar, kemudian cuci bersih dan haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah halus, tempelkan daun ketepeng tersebut pada bagian tubuh yang terdapat jamur kulit.Tentunya bahan-bahan untuk membuat obat jamur kulit tradisional paling ampuh di atas tadi sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Semoga informasi ramuan herbal alami di atas dapat menjadi referensi yang membantu serta bermanfaat.
Baca juga: