search-button

Nov 30, 2016

5 Peluang dan Prospek Bisnis Apotek

   
Advertisements
Peluang dan Prospek Bisnis Apotek

Apotik Sehat – Jika bicara soal bisnis apotek maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu peluang dan prospek bisnis apotek berikut ini. Dari sekian banyak segmen usaha atau bisnis yang prospektif dan juga menjanjikan, diketahui bahwa bisnis apotek juga merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Hal tersebut tentu saja karena produk obat-obatan yang dijual apotek akan selalu dibutuhkan oleh hampir setiap kalangan individual pada umumnya. Sehingga tidak hanya sandang, pangan, dan papan saja yang menjadi kebutuhan primer, akan tetapi sebagian besar produk kesehatan juga akan selalu dibutuhkan oleh setiap kalangan individu.

Maka dari itulah mengapa segmen usaha atau bisnis apotek sendiri dikatakan sebagai salah satu segmen usaha atau bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak ada matinya. Hanya saja memang banyak aspek penting yang harus diperhatikan saat akan membuka sebuah apotek, karena sebagian besar produk yang dijual merupakan obat-obatan yang tentunya bersifat sensitif.

Berbagai Peluang dan Prospek Bisnis Apotek


Sehingga memang untuk membuka sebuah apotek tidak dapat dilakukan secara asal-asalan atau tanpa perhitungan. Akan tetapi sebelum melangkah pada tahap yang lebih jauh lagi, maka ketahui terlebih dahulu tingkat peluang dan prospek dari sebuah bisnis apotek. Dan informasi tersebut dapat Anda temukan pada 5 peluang dan prospek bisnis apotek berikut ini.

1. Peluang Bisnis Apotek
Diketahui bahwa peluang bisnis apotek sendiri sebenarnya masih sangat prospektif dan menjanjikan. Bahkan keuntungan yang diperoleh dari segmen bisnis ini terhitung cukup besar, hingga dapat balik modal hanya dalam hitungan tahun sekalipun didirikan menggunakan modal yang besar. Hal tersebut karena beragam produk obat-obatan juga termasuk dalam kategori kebutuhan utama untuk setiap individual.

2. Prospek Bisnis Apotek
Kendati hingga saat ini kita semua sudah lebih mudah menemukan apotek dimana-mana, akan tetapi di beberapa daerah tentu saja masih akan selalu prospektif sekalipun apotek yang dibangun merupakan apotek mini. Prospek bisnis apotek ini juga masih dikatakan sangat cerah karena pangsa pasar atau konsumennya sendiri masih terhitung sangat konsumtif dan tersedia luas di berbagai daerah.

3. Area Strategis
Ya, walaupun tidak dapat dipungkiri jika segmen bisnis apotek sendiri memiliki tingkat kompetitor yang cukup tinggi, namun dengan lokasi bisnis yang strategis maka peluangnya masih sangat besar. Area yang mudah dijangkau oleh banyak orang serta memiliki lahan parkir yang luas biasanya akan lebih disukai oleh banyak orang. Karena setiap konsumen pada umumnya akan lebih nyaman dengan fasilitas tersebut.

4. Buka 24 Jam
Selain area atau letak yang strategis, service yang diberikan sebuah apotek juga tentunya menjadi aspek peluang yang harus sangat diperhatikan. Jika Anda memiliki apotek yang mampu melayani kebutuhan produk kesehatan hingga 24 jam, maka peluangnya sendiri lebih menjanjikan dan prospektif jika dibandingkan dengan apotek yang hanya buka pada jam tertentu. Maka dari itulah mengapa aspek ini menjadi salah satu peluang yang menjanjikan.

5. Waralaba Apotek
Satu lagi peluang bisnis apotek yang sangat prospektif pada saat ini adalah waralaba apotek. Segmen peluang ini akan sengat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang memang memiliki modal besar namun tidak mau repot membangun sebuah apotek dari nol. Namun yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa waralaba apotek sedikitnya akan membutuhkan modal hingga kisaran 700 jutaan.

Namun peluangnya sendiri masih sangat prospektif karena segmen apotek ini biasanya sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Peluang dan prospek bisnis apotek di atas tadi tentunya wajib diketahui oleh Anda yang tertarik untuk terjun kedalam dunia bisnis kesehatan ini. Akan tetapi dibalik keuntungan yang menggiurkan tentu terdapat beragam risiko yang harus dihadapi. Sehingga sebaiknya Anda dapat lebih jeli dan selektif ketika menganalisis segmen bisnis ini.
Baca juga: