search-button

Dec 8, 2016

5 Resep Menu Makanan Sehat Untuk Lansia

   
Advertisements
Resep Menu Makanan Sehat Untuk Lansia

Apotik Sehat – Kecukupan akan makanan sehat sangatlah penting untuk yang telah berusia lanjut. Untuk seseorang yang telah berusia 70 tahun memiliki kebutuhan gizi yang sama dengan seseorang yang berusia saat 50-an. Namun, nafsu makan mereka biasanya cenderung menurun. Oleh karena itu, harus terus diusahakan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh akan gizi dari resep menu makanan sehat untuk lansia. Selain itu dengan bertambahnya usia indra rasa juga akan menurun. Sehingga banyak orang yang sudah berusia lanjut (lansia) lebih memilih untuk memakan makanan yang memiliki rasa sangat manis atau asin yang dapat berakibat buruk untuk kesehatan mereka.


Resep Menu Makanan Sehat Untuk Lansia

  1. Nasi Tim. Resep menu makanan sehat untuk lansia yang pertama adalah nasi tim. Cara memasaknya adalah dengan mencuci beras sebanyak 500 gram, kemudian masukkan kedalam 200 ml air yang telah didihkan. Tunggu hingga matang, dan nasi tim siap untuk disajikan.
  2. Sup Kental dalam Roti Bun. Cara membuat sup kental, masukkan margarin yang sudah dilumerkan kedalam tepung terigu kemudian aduk. Tuang susu dan kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan mengental. Kemudian masukkan wortel dan sosis, beri sedikit garam, lada, dan pala, lalu aduk sampai rata. Masak sampai mendidih, angkat, lalu masukkan parutan keju secukupnya, aduk sampai rata. Ambil roti bun yang bagian tengahnya sudah dikerok hingga menyerupai mangkuk, lalu isi dengan sup kental. Segera hidangkan.
  3. Tumis Taoge Cabai Hijau. Cara membuatnya adalah pertama-tama panaskan olive oil, kemudian tumis bawang putih dan bawang merah. Kemudian masukkan daging cincang dan masak sampai matang. Masukkan sedikit lada, garam, kecap manis, kecap asin, gula, dan saus tiram kemudian aduk kembali sampai rata. Setelah itu masukkan tauge, daun bawang, daun kucai dan cabai hijau, dan aduk sebentar saja. Sajikan dalam keadaan panas.
  4. Orak Arik Telur dengan Toast. Proses dan cara membuat orak arik secara sederhana seperti ini. Tumis bawang bombai dan bawang putih dengan menggunakan margarin sampai aromanya keluar, lalu beri garam dan lada, aduk. Masukkan wortel, aduk kembali sampai rata. Sementara itu, telur ayam bisa dikocok dengan menggunakan garpu, kemudian tuang ke dalam tumisan sayuran tadi sambil terus diorak arik hingga matang dan sedikit kering, angkat. Hidangkan menu orak arik telur wortel ini bersama dengan roti panggang.
  5. Rolade Tahu Kangkung Kukus. Cara membuat resep menu masakan sehat untuk lansia ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan tahu yang sudah dihaluskan kemudian campur dengan bumbu  yang sudah dihaluskan. Ambil daun pisang, susun daun kangkung di atas daun pisang. Tuang adonan tahu, kemudian ratakan. Taruh wortel di salahsatu tepi daun pisang, kemudian gulung. Kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan. Potong setebal 1 cm dan hidangkan.
Gizi seimbang memang sangat perlu untuk diterapkan pada lansia, tentu saja dengan melihat kondisinya, apakah mereka masih dapat mengunyah makanan dengan baik atau tidak dan  menderita suatu penyakit atau tidak. Untuk itu sebaiknya ada yang mengatur resep menu makanan sehat untuk lansia agar mereka tidak bermasalah akibat dari asupan makanan yang salah.
Baca juga: