search-button

Oct 3, 2016

5 Tips Penting Memulai Bisnis Apotek

   
Advertisements
Tips Memulai Bisnis Apotek
Sumber gambar : Apotek Griya Farma

Apotik SehatTips memulai bisnis apotek yang akan coba kami informasikan di kesempatan kali ini diharap dapat membantu Anda yang tengah bingung ketika akan mengawali bisnis apotek. Ya, karena untuk membangun sebuah segmen bisnis seperti apotek memang banyak aspek yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan.

Hal tersebut tentu saja karena apotek merupakan sebuah toko khusus yang menjual aneka ragam obat-obatan hingga menerima pembuatan resep dari para dokter. Maka dari itulah untuk memulai bisnis apotek tidak dapat dijalankan sembarangan tanpa perhitungan yang jelas. Karena jika tidak sesuai dengan prosedur kesehatan, maka hanya akan menjadi bumerang bagi pemiliknya.

Namun dibalik semua itu, jika dilihat dari kacamata bisnis maka sudah jelas jika apotek merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya kalangan mana yang tidak membutuhkan obat-obatan hingga saat ini? Dengan pangsa pasar yang konsumtif dan tersedia luas, maka tak heran jika sebuah apotek mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Tips Penting Saat Ingin Memulai Bisnis Apotek

Untuk membuka sebuah apotek tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Selain membutuhkan investasi dana yang cenderung relatif besar, juga banyak aspek lain yang perlu dipertimbangkan.

1. Tentukan Lokasi Strategis
Dalam segmen bisnis apapun sudah tentu lokasi tempat usaha merupakan salah satu aspek penting, tidak terkecuali pada bisnis apotek. Tentukan lokasi yang paling strategis dan sebaiknya memiliki lahan parkir yang luas, sehingga siapapun yang berkunjung ke apotek akan merasa lebih nyaman.

2. Analisis Bisnis
Langkah kedua yang harus dilakukan adalah analisis bisnis, karena melalui langkah tersebut Anda dapat mengetahui potensi pasar yang tersedia hingga tingkat kompetitor yang ada di daerah tersebut. Sehingga setelah itu Anda dapat membuat perencanaan bisnis serta menyiapkan modal yang dibutuhkan.

3. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan
Saat akan memulai bisnis apotek tentunya banyak dokumen yang harus dipersiapkan, beberapa dokumen yang harus dimiliki saat akan membuka sebuah apotek adalah :
  • Fotokopi SIK (Surat Izin Kerja) APA Apoteker Pengelola Apotek
  • Fotokopi KTP Apoteker
  • Surat pernyataan mengenai apoteker yang tidak bekerja pada apotek/industri lain
  • Fotokopi surat perjanjian kerjasama antara pemilik apotek dengan apoteker (di depan Notaris)
  • Surat pernyataan mengenai pemilik apotek yang tidak pernah terlibat dalam pelanggaran undang-undang dalam bidang farmasi
  • Peta Lokasi beserta Denah Bangunan
  • Status kepemilikan bangunan serta kaitannya dengan pemilik
  • Daftar SDM Asisten Apoteker lengkap dengan lampiran fotokopi ijazah dan SIK
  • Surat perizinan dari atasan untuk apoteker yang bekerja sebagai BUMN/PNS
  • SITU (Surat Izin Tempat Usaha)

4. Rekrutmen SDM
Selain beberapa poin di atas, rekrutmen SDM juga tenutnya merupakan salah satu aspek utama dalam sebuah perusahaan. Selain karyawan seperti penjaga dan pelayan apotek, sebuah apotek juga akan membutuhkan apoteker dan asisten apoteker. Sebaiknya semua staff diseleksi secara selektif karena jika berhubungan dengan medis tentu harus dilakukan secara rinci dan hati-hati.

5. Kerjasama Dengan JAMSOSTEK dan ASKES
Ya, salah satu peluang lainnya untuk memajukan apotek adalah dengan bekerjasama dengan beberapa instansi kesehatan seperti JAMSOSTEK dan ASKES. Jika PSA atau pemilik apotek mampu mendapatkan kerjasama tersebut maka akan lebih memudahkan penjualan obat, karena hingga saat ini individu pemilik asuransi kesehatan tersebut sudah sangatlah banyak.

Demikian di atas tadi adalah tips memulai bisnis apotek yang harus diperhatikan saat Anda akan mendirikan sebuah bisnis apotek. Adapun beberapa tips lain yang dapat diketahui seperti menentukan supplier obat yang tepat hingga melengkapi beragam sarana dan prasarana. Jika semua persiapan dirasa sudah memadai, maka saatnya Anda melakukan aksi dengan merealisasikannya.
Baca juga: