search-button

Oct 10, 2016

Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

   
Advertisements
Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Apotik Sehat – Mungkin tidak sedikit dari Anda yang bertanya-tanya, berapakah biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas pada saat ini? Bagi Anda yang sangat perduli terhadap kesehatan gigi dan gusi maka perawatan tersebut akan menjadi salah satu rutinitas yang wajib dilakukan. Tentunya tidak harus ke spesialis gigi saja, karena dapat juga dilakukan di Puskesmas terdekat.

Scaling atau yang lebih dikenal dengan sebutan pembersihan karang gigi ini merupakan proses membersihkan plak atau karang yang menempel pada gigi. Karena memang seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa sisa-sisa makanan yang terdapat di dalam mulut jika tidak segera dibersihkan akan menjadi plak atau karang gigi.

Setelah menjadi plak dan menempel di gigi, maka karang gigi atau kotoran tersebut akan sangat sulit untuk dibersihkan. Ya, karena tidak akan dapat dibersihkan dengan sikat gigi dan pasta gigi saja, melainkan harus menggunakan proses scaling atau pembersihan karang gigi yang dilakukan oleh seorang ahli atau doktor gigi.


Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas


Dan jika bicara soal biaya, sebenarnya dapat dikatakan bahwa scaling atau pembersihan karang gigi ini bervariatif atau bermacam-macam. Tergantung siapa yang mengerjakan dan dimana proses pengerjaannya. Namun pada umumnya diketahui bahwa biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas akan beriksar antara 75 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah.

Biaya tersebut juga diketahui hanya merupakan biaya scaling atau pembersihan karang gigi saja dan belum termasuk biaya pendaftaran di Puskemas. Namun biaya pendaftaran tersebut biasanya akan cenderung lebih murah karena berkisar antara 2 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah. Biaya di Puskesmas terhitung relatif murah karena Puskesmas mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Akan tetapi yang perlu diketahui adalah tidak semua sektor Puskesma akan menerima tindakan scaling atau pembersihan karang gigi ini. Sehingga ada baiknya jika bertanya dan memeriksa terlebih dahulu untuk pelayanan tersebut. Selain itu, kisaran biaya scaling di Puskesmas tersebut juga hanya sebagai acuan dasar saja.

Karena diketahui tidak semua Puskesmas mematok biaya dengan kisaran tersebut, ada yang memang memasang tarif lebih murah bahkan ada juga yang memasang tarif lebih mahal dari kisaran harga tersebut. Dan ternyata memang perbedaan tarif scaling tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain adalah :

Lokasi/Letak Puskesmas - Posisi atau letak Puskesmas juga biasanya menjadi faktor utama berbedanya tarif scaling atau pembersihan karang gigi tersebut. Tentunya lokasi Puskesmas yang ada di area wilayah perkotaan biasanya akan memasang tarif yang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan Puskesmas yang ada di daerah.

Subsidi Pemerintah - Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas sebelumnya bahwa setiap Puskesmas akan mendapatkan subsidi dana dari pemerintah. Maka dari itu tarif pengobatan di Puskesmas juga akan berbeda-beda sesuai dengan subsidi yang diterima Puskesmas tersebut. Tidak terkecuali untuk scaling atau pembersihan karang gigi.

Tingkat Kesulitan - Sedangkan faktor terakhir yang mempengaruhi mahal atau murahnya tarif scaling adalah tingkat kesulitan saat melakukan tindakan tersebut. Karena tingkat plak gigi setiap individu tentunya akan berbeda-beda. Semakin sulit tindakan pembersihan tersebut maka sudah tentu kisaran harganya akan semakin tinggi/mahal.

Sebenarnya kisaran tarif tersebut sudah terhitung relatif murah dibandingkan dengan scaling di dokter spesialis gigi. Pasalnya jika disana, sedikitnya Anda harus mengeluarkan kocek antara 150 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Setelah mengetahui biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas melalui ulasan di atas, maka Anda dapat menentukan sendiri dengan mengikuti budget yang dimiliki.
Baca juga: