search-button

Oct 9, 2016

4 Cara Membedakan Minyak Bulus Asli dan Palsu

   
Advertisements
Cara Membedakan Minyak Bulus Asli dan Palsu
Apotik Sehat – Bagaimanakah cara membedakan minyak bulus asli dan palsu? Pertanyaan tersebut tentunya merupakan salah satu pertanyaan besar bagi Anda yang ingin mencoba khasiat dari minyak bulus tersebut. Pasalnya memang minyak bulus sendiri diketahui merupakan minyak tradisional yang memiliki sangat banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh kita.

Diberi nama minyak bulus karena memang minyak ini dibuat dari lemak bulus asli. Bulus sendiri merupakan salah satu binatang sejenis labi-labi atau sejenis kura-kura namun dengan tempurung yang lunak. Dan tidak berbeda jauh dengan makhluk hidup lainnya, karena di dalam tubuh bulus juga terdapat lemak pada bagian-bagian tertentu.

Lemak bulus tersebutlah yang kemudian diolah hingga menjadi minyak bulus asli dengan metode tertentu. Namun pada saat ini diketahui mulai banyak oknum jahil dan tidak bertanggung jawab yang mulai memalsukan minyak bulus tersebut. Dan diketahui bahwa minyak bulus asli yang sudah sangat tekenal adalah minyak bulus yang berasal dari Kalimantan.

Cara Membedakan Minyak Bulus Asli dan Palsu


Tak heran memang jika dewasa ini banyak yang memalsukan produk minyak bulus tersebut. Pasalnya cara pembuatan minyak bulus yang asli dan berkualitas tidaklah sembarangan dan tentunya tidaklah mudah. Membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga permintaan pasar dengan proses produksi tidaklah berbanding.

Hal tersebutlah yang menjadi faktor utama mulai banyaknya produk minyak bulus yang palsu. Maka dari itulah bagi Anda yang ingin menggunakan produk minyak bulus asli Kalimantan harus mengetahui cara membedakan antara yang asli dan palsu. Dan berikut ini adalah beberapa cara membedakan minyak bulus asli dan palsu yang dapat kita ketahui bersama.

Membedakan Minyak Bulus Asli :
  1. Minyak bulus yang asli diketahui memiliki warna yang cenderung kuning dan keruh serta memiliki endapan.
  2. Minyak bulus yang asli juga biasanya akan menggumpal saat sudah lama tidak digunakan, terutama jika sudah 1 minggu lebih.
  3. Selain teksturnya tersebut, minyak bulus asli juga biasanya akan memiliki aroma yang sangat menyengat (bau amis). Hal tersebut karena minyak bulus yang asli memang merupakan olahan dari lemak bulus asli.
  4. Dan unutk minyak bulus asli Kalimantan tentu harganya tidaklah murah. Karena sebagaimana yang telah dijelaskan di atas tadi bahwa proses pembuatannya sendiri tidaklah mudah, ada harga tentu ada kualitas.

Membedakan Minyak Bulus Paslu :
  1. Sedangkan minyak bulus yang palsu atau campuran biasanya akan memiliki warna kuning cerah dan transparan serta tidak akan memiliki endapan yang berwarna putih seperti yang asli.
  2. Minyak bulus yang palsu atau campuran juga tidak akan menggumpal karena kandungannya tidak 100% dari lemak bulus olahan, melainkan campuran dari bahan lain.
  3. Karena dibuat campuran, maka minyak bulus yang palsu juga tidak akan memiliki aroma khas minyak bulus yang menyengat dan tidak memiliki aroma apapun.
  4. Dan biasanya minyak bulus yang palsu atau campuran ini akan dijual dengan kisaran harga yang cenderung jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli.

Setelah mengetahui beberapa perbedaan dalam cara membedakan minyak bulus asli dan palsu di atas tadi, maka harusnya kini Anda dapat lebih selektif dan juga berhari-hati ketika memilih atau akan memilih produkl minyak bulus. Pribahasa seperti "ada harga ada kualitas" memang tidaklah salah untuk berbagai macam produk yang ada pada saat ini,. Tentunya tidak terkecuali untuk produk seperti minyak bulus ini.
Baca juga: