search-button

Dec 6, 2016

5 Obat Sakit Kepala Tradisional

   
Advertisements
Obat Sakit Kepala Tradisional

Apotik SehatObat sakit kepala tradisional berikut ini mungkin dirasa tepat bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan. Pasalnya memang jenis obat-obatan untuk sakit kepala, terutama obat-obatan yang ada di warung memang tidak terlalu dijamin keamanannya. Terlebih jika penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan banyak kendala yang lain.

Selain itu, beragam jenis obat-obatan medis juga tentunya mengandung berbagai macam jenis zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Maka dari itulah mengapa dikatakan bahwa beragam jenis obat-obatan tersebut juga kerap menimbulkan efek samping negatif. Karena untuk menyembuhkan penyakit tentunya tidak harus selalu menggunakan beragam obat medis saja.

Obat Sakit Kepala Tradisional

Melainkan dapat juga menggunakan cara alami dengan berbagai macam obat-obatan tradisional. Selain bahannya yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita, ragam obat tradisional juga tentunya tidak menimbulkan beragam efek samping negatif. Bagi Anda yang membutuhkan referensinya, maka berikut ini adalah obat sakit kepala tradisional.

1. Ramuan Teh
Obat tradisonal pertama yang mudah dibuat untuk mengobati sakit kepala adalah ramuan teh ini. Cara membuatnya sendiri sangatlah mudah, adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
  • Teh kental sebanyak ¾ cangkir
  • Air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh
  • Madu asli sebanyak 1 sendok makan
  • Campurkan seluruh bahan yang telah disiapkan tadi kemudian langsung diminum hingga habis. Selain dapat membantu menyembuhkan sakit kepala, ramuan tradisional ini juga dapat membantu tubuh tetap bugar.
2. Ramuan Temulawak
Obat tradisional kedua yang dapat membantu menyembuhkan sakit kepala adalah ramuan temulawak. Untuk membuatnya, Anda cukup menyiapkan beberapa rimpang temulawak kemudian dijeur hingga kering. Setelah kering, haluskan temulawak tadi kemudian rebus dengan 5 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya surut dan tersisa sekitar 3 gelas. Saring air rebusan tersebut dan minumlah 3 kali dalam sehari, yakni pagi, siang, dan malam, secara rutin dan teratur.
3. Ramuan Kacang Ijo
Obat tradisional ketiga yang dapat dicoba adalah wamuan dari kacang ijo ini. Adapun beberapa bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu antara lain seperti :
  • Kacang ijo sebanyak ½ gelas
  • Air bersih sebanyak 200cc (setara dengan air 2 gelas)
  • Cara membuatnya juga sangat mudah, yakni dengan merebus air dan kacang ijo tadi hingga mendidih dan kacang ijo hancur. Namun sebaiknya tidak membuka rebusan hingga kcang ijo tersebut hancur.
  • Setelah dingin, Anda juga dapat menambhakan sedikit garam saat akan diminum. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari secara rutin dan teratur.
4. Ramuan Pule Pandak
Ramuman tradisional untuk sakit kepala berikut ini dibuat dengan menggunakan bahan alami yakni akar tanaman pule pandak. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Akar tanaman pule pandak sebanyak 15 gram
  • Air bersih sebanyak 3 gelas
  • Cara membuatnya yakni dengan merebus semua bahan yang telah disiapkan tadi, biarkan mendidih dan surut hingga air tersisa hanya 1 gelas. Minum ramuan selagi hangat sebanyak ½ gelas setiap pagi dan sore hari (2 kali sehari) secara rutin dan teratur.
5. Ramuan Bunga Matahari
Ramuan tradisonal sakit kepala yang terakhir ini dibuat dari bunga matahari. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan tradisional ini antara lain adalah :
  • Bunga matahari sebanyak kurang lebih 30 gram
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Air bersih sebanyak 3 gelas
Cara membuatnya adalah dengan merebus seluruh bahan yang telah disiapkan tadi, khusus untuk telur sebaiknya jangan dipecahkan dan rebus dengan cangkangnya. Biarkan mendidih dan airnya surut hingga tersisa sekitar ½ gelas. Minum 2 kali sehari ramuan tersebut pada pagi dan sore setelah makan.

Demikian di atas tadi adalah obat sakit kepala tradisional yang dapat dicoba oleh Anda semuanya. Mengatasi berbagai macam penyakit tentu saja tidak harus selalu menggunakan berbagai macam produk obat-obatan medis saja, melainkan dapat juga menggunakan beragam jenis obat-obatan tradisional. Semoga membantu dan bermanfaat bagi Anda semuanya.
Baca juga: