search-button

Oct 4, 2016

Tugas dan Peran Asisten Apoteker di Apotek

   
Advertisements
Tugas dan Peran Asisten Apoteker di Apotek

Apotik sehatTugas dan peran asisten apoteker di apotek tentu tidak dapat dianggap sebelah mata, pasalnya memang setiap profesi yang bergerak di bidang farmasi sangatlah sensitif karena berkaitan dengan hal kesehatan. Sehingga jika tidak benar atau bahkan hingga salah dalam melakukan tugasnya dapat membahayakan kesehatan pihak pasien.

Untuk itulah mengapa setiap tenaga kerja farmasi wajib memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas pada pasien. Salah satunya adalah pada asisten apoteker, karena pelayan kesehatan ini merupakan tangan kanan yang mengerjakan sebagian besar tugas dari seorang apoteker. Maka dari itulah profesi farmasi ini hendaknya jangan dianggap enteng.

Terlebih saat memilih profesi ini, seorang asisten apoteker juga akan disumpah yang kemudian mendapatkan surat izin kerja yang dikeluarkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Sehingga selain hak, seorang asistem apoteker juga akan memiliki kewajiban yang harus dilakukan sesuai standar profesinya serta memiliki wewenang.


Tugas dan Peran Asisten Apoteker di Apotek

Jika berbicara soal tugas dan peran asisten apoteker di apotek, tentunnya seorang asisten apoteker akan memiliki peranan penting dan juga memiliki banyak tugas serta tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Berikut ini adalah uraian tugas dan juga peranan seorang asisten apoteker dalam profesi farmasi.

Tugas Asisten Apoteker
Pada umumnya tugas atau kewajiban seorang asisten apoteker akan mengacu pada keputusan yang dibuat oleh Menteri Kesehahatan Republik Indonesia. Lebih tepatnya Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1332/MENKES/X?2002, dan berikut ini adalah ulasannya :

1. Melayani setiap resep dokter yang sesuai dengan tanggung jawab serta standar profesinya dengan dilandasi kepentingan setiap masyarakat dan melayani penjualan obat yang tidak menggunakan resep dokter.

2. Memberikan Informasi :
  • Terkait dengan pemakaian/penggunaan obat-obatan yang diberikan kepada pasien
  • Penggunaan obat yang tepat, aman, dan juga rasional sesuai dengan permintaan masyarakat
  • Yang jelas, benar, serta mudah dimengerti dengan tata cara penyampaian yang sesuai dengan etika, kebutuhan, bijaksana, selektif, dan tentunya hati-hati.

3. Menghormati hak pasien serta dapat menjaga tingkat kerahasiaan identitas data kesehatan pribadi pasien.

4. Mengelola apotek dengan tugas seperti :
  • Membuat, meracik, pengubahan bentuk, penyimpanan, pencampuran, hingga penyerahan obat-obatan dan bahan obat.
  • Penyimpanan, pengadaan, penyaluran, serta penyerahan persediaan farmasi lainnya.

Peran Asisten Apoteker
Dan peran seorang asisten apoteker adalah sebagai tangan kanan dari seorang apoteker yang akan membantu seorang apoteker dalam mengelola apotek khususnya dibagian obat-obatan. Maka dari itulah seorang asisten apoteker juga dapat dikatakan sebagai ujung tombak dalam pelayanan apotek. Yang akan bekerja dibawah pengawasan seorang apoteker untuk melayani setiap pasien dengan sangat baik dan juga berkewajiban memberikan beragam informasi mengenai obat-obatan yang dibuat menggunakan resep dokter. Maka dari itulah peran serta seorang asisten apoteker akan sangat membantu dan bermanfaat bagi kelangsungan sebuah apotek.

Demikian tadi adalah beberapa tugas dan peran asisten apoteker di apotek yang telah kita ketahui bersama. Dapat dipastikan bahwa hampir setiap unit pelayanan kesehatan akan selalu memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Tidak terkecuali bagi seorang pelayan kesehatan seperti asisten apoteker.
Baca juga: