search-button

Oct 19, 2016

5 Cara Menghilangkan Bentol Gigitan Nyamuk

   
Advertisements
Cara Menghilangkan Bentol Gigitan Nyamuk
Apotik Sehat – Nyamuk, siapa yang tidak tahu dengan hewan penghisap darah yang satu ini ?. Kerap kali nyamuk dapat membuat kita menjadi jengkel, karena selain menggigit, akibat dari gigitannya juga bisa membuat kulit menjadi bentol-bentol dan sangat gatal, bahkan terkadang juga bisa meninggalkan bekas yang menghitam atau merah pada kulit. Hal semacam ini tentu akan membuat kita menjadi kurang percaya diri ketika menggunakan baju yang sedikit terbuka, sehingga untuk mengatasinya kita dapat menggunakan beberapa cara menghilangkan bentol gigitan nyamuk seperti berikut.

Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan bentol gigitan nyamuk, terlebih dahulu kita membahas mengenai penyebab gigitan nyamuk bisa menimbulkan bentol pada kulit. banyak yang bertanya, kenapa sih gigitan nyamuk bisa meninggalkan bentolan pada kulit? Hal ini dapat terjadi karena pada saat nyamuk menggigit, nyamuk akan menyemprotkan air liurnya kedalam darah kita dan didalam air liur tersebut terkandung zat antikoagulan atau disebut juga dengan zat anti pembekuan darah.

Zat antikoagulan inilah yang bisa membuat nyamuk dapat menghisap darah dengan lebih cepat, sebab darah akan tetap encer. Sedangkan air liur nyamuk yang masuk dalam tubuh kita merupakan zat asing untuk tubuh sehingga akan membuat tubuh menjadi bereaksi dengan mengeluarkan histamine. Histamine sendiri merupakan senyawa antibody yang ada pada tubuh manusia yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan. Itulah mengapa pada saat kita digigit nyamuk, tubuh kita menjadi bentol-bentol dan terasa gatal serta meninggalkan bekas hitam atau merah.

Cara Menghilangkan Bentol dan Bintik Merah Akibat Gigitan Nyamuk

Cara menghilangkan bentol gigitan nyamuk dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami maupun obat yang bisa kita beli di apotik, seperti berikut ini.

1. Jus Lemon
Dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon akan mampu memutihkan noda-noda hitam yang terdapat pada kulit. Cara memakainya juga cukup mudah yaitu dengan mengoleskan air perasan lemon pada bagian kulit yang ada bekas gigitan nyamuknya. Ulangi hal ini sebanyak 2-3 kali.

2. Minyak Vitamin E
Minyak vitamin E telah lama digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak vitamin E dibagian kulit yang terdapat bekas gigitan nyamuk setiap hari hingga bekas gigitan tersebut hilang. Untuk memperoleh minyak vitamin E ini, Anda bisa membeli kapsul vitamin E. Pada kulit kapsul vitamin E yang berwarna bening Anda bisa membukanya dan mengambil minyak vitamin E yang ada di dalamnya.

3. Lidah Buaya
Gel lidah buaya juga sangat efektif untuk digunakan sebagai obat herbal menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara memakainya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas gigitan nyamuk. Ulangi hal tersebut beberapa kali sampai noda bekas gigitan nyamuk hilang.

4. Minyak Lavender
Cara menggunakan minyak lavender untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk adalah dengan mengoleskannya pada kulit yang terdapat bekas gigitan. Ulangi hal ini beberapa kali.

5. Salep
Selain dengan menggunakan obat herbal, cara menghilangkan bentol gigitan nyamuk juga bisa dengan menggunakan salep. Saat ini ada beberapa salep yang bisa digunakan untuk menghilangkan bentil bekas gigitan nyamuk dan Anda bisa membelinya di apotik terdekat.
Baca juga: