search-button

Oct 13, 2016

5 Obat Batuk Kering dan Gatal Tradisional

   
Advertisements
Jeruk Nipis Sebagai Obat Batuk Kering dan Gatal Tradisional

Apotik Sehat – Jika Anda merasa bingung ketika mengatasi batuk kering dan gatal maka dapat mencoba obat batuk kering dan gatal tradisional berikut ini. Khasiatnya tentu saja tidak kalah dari berbagai macam varian obat-obatan medis yang banyak dijual di apotek. Bahkan obat tradisional ini tentunya lebih aman di konsumsi jika dibandingkan dengan beragam obat-obatan medis. Salah satu alasannya sudah tentu karena obat herbal tradisional ini tidak mengandung zat kimia yang berbahaya.

Obat Tradisional Alami Batuk Kering dan Gatal


Sehingga hampir seluruh obat-obatan herbal tradisional sendiri tidak akan menimbulkan efek samping negatif, namun tentu saja jika digunakan secara benar. Penasaran dengan varian obat herbal tradisional tersebut? Inilah obat batuk kering dan gatal tradisional yang dapat kita ketahui bersama.

1. Jeruk Lemon
Obat batuk kering dan gatal tradisional yang pertama adalah menggunakan jeruk lemon. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, maka jeruk lemon diketahui mampu membantu meredakan batuk kering yang disertai gata pada tenggorokan. Cara membuatnya pun sangat mudah, yakni siapkan air persasan jeruk lemon sebanyak 2 sendok makan kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu murni alami. Minum ramuan tersebut 1 kali dalam sehari secara rutin.

2. Jahe
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa jahe memang merupakan salah satu herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya yakni membantu meredakan batuk. Untuk membuat ramuan tradisional dari jahe ini Anda dapat merebus irisan jahe secukupnya dengan 1 gelas air, didihkan hingga airnya surut dan tersisa setengahnya. Minum ramuan tersebut 3 hingga 4 kali dalam sehari.

3. Mengkudu
Buah mengkudu memang diyakini memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita, salah satunya ternyata dapat membantu mengobati batuk kering dan gatal. Untuk membuat ramuan tradisional ini Anda akan membutuhkan bahan-bahan seperti :
  1. Buah mengkudu matang sebanyak 10 gram, peras dan ambil airnya
  2. Daun po'o sebanyak 10 gram
  3. Daun sagamanis sebanyak 10 gram
  4. Air bersih sebanyak ¾ liter
Cara membuatnya yakni tumbuk dauh po'o dan daun sagamanis kemudian campurkan dengan air perasan buah mengkudu, masukan pada air lalu didihkan dan biarkan airnya surut hingga setengahnya. Saring kemudian minum ramuan tersebut hingga batuk reda.

4. Jeruk Nipis dan Kecap Manis
Ya, ramuan herbal ini sudah terkenal sebagai salah satu ramuan herbal yang ampuh dalam mengatasi batuk, tidak terkecuali untuk batuk kering dan tenggorokan yang gatal. Untuk membuat ramuan herbal tesebut Anda cukup menyiapkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis yang telah dicampur dengan satu sendok teh kecap manis. Minum ramuan herbal tersebut sekali sehari untuk mengatasi batuk kering dan gatal.

5. Daun Sirih
Untuk membuat ramuan dari daun sirih ini Anda juga akan membutuhkan beberapa bahan lainnya seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, dan kemukus, siapkan secukupnya kemudian cuci bersih dan rebus dengan air secukupnya (jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit). Tunggu hingga air rebusan berubah warna kemudian angkat dan saring rebusan tersebut. Minum airnya sebanyak 3 sendok makan sebanyak 3 kali sehari.

Obat batuk kering dan gatal tradisional di atas diketahui merupakan ramuan tradisional yang ampuh dalam mengatasi penyakit seperti batuk kering dan juga gatal di tenggorokan. Mengatasi penyakit tentu saja tidak harus menggunakan beragam obat-obatan medis, melainkan dapat memanfaatkan beragam bahan alami yang mudah kita temukan di lingkungan sekitar.
Baca juga: