search-button

Oct 12, 2016

5 Obat Batuk Tradisional Paling Ampuh

   
Advertisements
Obat Batuk Tradisional Paling Ampuh

Apotik Sehat – Penasaran dengan obat batuk tradisional paling ampuh yang ada hingga saat ini? Batuk memang merupakan salah satu penyakit yang dapat diaktakan sangat mengganggu siapapun. Terutama bagi Anda yang kesehariannya bertemu dengan banyak orang.

Hanya saja memang untuk mengusir penyakit tersebut dari tubuh kita terkadang cukup sulit untuk dilakukan. Cara mengatasinya sendiri kini sudah sangat beragam, mulai dari menggunakan berbagai macam jenis obat-obatan medis hingga menggunakan cara tradisional. Namun sayangnya kini tidak banyak kalangan yang menggunakan cara tradisional sebagai pengobatan.

Obat Batuk Tradisional Dari Bahan Alami

Ya, metode modern dengan menggunakan ragam obat-obatan medis memang sudah menjadi target dari banyak kalangan individu pada umumnya. Padahal jika sudah mengetahui, cara trafisional juga terhitung ampuh untuk mengatasi beragam penyakit. Bagi Anda yang ingin mencobanya, maka berikut ini adalah 5 obat batuk tradisional paling ampuh yang dapat dicoba.

1. Ramuan Gula Merah dan Asam Jawa
Bahan-bahan alami ini tentunya sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Dan untuk membuat obat batuk tradisional maka Anda akan membutuhkan bahan-bahan seperti :
  • Asam jawa sebanyak 10 buah, kemudian ambil bagian dagingnya saja
  • Gula merah secukupnya
Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut kemudian diseduh dengan air panas dan aduk hingga gula larut serta bercampur rata. Setelah itu, minumlah ramuan tradisional tersebut selagi hangat.

2. Ramuan Belimbing Wuluh
Buah yang rasanya sangat asam ini rupanya dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti  batuk. Adapun bahan yang digunakan antara lain seperti :
  • Belimbing wuluh sebanyak 10 buah
  • Air hangat sebanyak 1 gelas
  • Garam secukupnya
Cara membuatnya adalah, cuci bersih terlebih dahulu belimbing wuluh kemudian parut hingga halus. Kemudian masukan parutan belimbing wuluh tadi pada segelas air hangat tadi dan masukan garam secukupnya. Aduk hingga semua ramuan tercampur rata kemudian saring dan minum airnya 2 kali dalam sehari, pagi dan sore.

3. Ramuan Jahe
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa jahe memang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Salah satunya yakni untuk mengobati penyakit batuk. Untuk membuat ramuan tradisional ini, berikut bahan yang harus dipersiapkan:
  • Jahe sebanyak 2 atau 3 rimpang (dapat disesuaikan dengan selera)
  • Air bersih secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
Cara membuatnya adalah, cuci bersih jahe kemudian iris-iris. Didihkan air dan masukan jahe tadi kemudian rebus hingga air berubah warna dan mengeluarkan aroma khas jahe. Tuangkan pada gelas/cangkir kemudian campurkan gula dan minumlah selagi hangat. Ramuan dapat diminum hingga 3 kali sehari.

4. Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap
Mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah tidak asing dengan ramuan ini. Ya, karena salah satu ramuan tradisional ini memang terhitung ampuh dalam menyembuhkan penyakit seperti batuk. Adapun beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Jeruk nipis berukuran sedang sebanyak 1 buah
  • Kecap sebanyak 1 sendok makan
Cara membuatnya adalah, belah menjadi dua jeruk nipis tadi kemudian peras hingga menghasilkan mengeluarkan air sarinya. Lakukan cara tersebut pada kedua bagian jeruk nipis tadi. Campurkan langsung dengan kecap lalu minum ramuan tradisional tersebut. Ramuan dapat diminum 2 hingga 3 kali dalam sehari.

5. Ramuan Daun Sirih dan Jahe
Ramuan obat batuk tradisional yang terakhir adalah ramuan alami dari daun sirih dan jahe. Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan ini antara lain seperti :
  • Daun sirih sebanyak 7 lembar
  • Jahe sebanyak 2 hingga 3 ruas
  • Air bersih sebanyak 2 gelas
Untuk membuatnya, cuci bersih terlebih dahulu dauh sirih dan jahe. Setelah itu iris-iris jahe dan campurkan semua bahan dalam sebuah panci. Rebus bahan-bahan tersebut dan biarkan mendidih hingga airnya surut menjadi satu gelas. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat sebanyak 1 kali dalam sehari.

Bagaiamana, sangat mudah bukan membuat obat batuk tradisional paling ampuh di atas tadi? Selain mudah, tentunya bahan-bahan yang dibutuhkan pun akan sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Dan yang paling penting, beragam obat-obatan tradisional tidak akan memberikan efek samping negatif bagi tubuh.
Baca juga: