search-button

Sep 11, 2016

5 Resep Obat Kolesterol Tradisional Paling Manjur

   
Advertisements
Mengkudu Sebagai Obat Kolesterol Tradisional

Apotik Sehat – Ingin menambah wawasan mengenai obat tradisional maka obat kolesterol tradisional paling manjur berikut ini tentunya akan membantu menambah wawasan Anda semuannya. Pasalnya memang dewasa ini terdapat semakin banyak kalangan yang kembali mencoba menggunakan berbagai macam obat-obatan tradisional saat mengatasi penyakit

Disaat beragam jenis obat-obatan medis sudah tidak lagi manjur untuk mengobati berbagai macam penyakit, maka langkah pengobatan tradisional dapat menjadi langkah alternatif lain dalam mengatasi beragam jenis penyakit. Salah satunya yakni dalam mengatasi penyakit seperti kolesterol tinggi.

Resep Obat Kolesterol Tradisional Dari Bahan Alami


Penyakit seperti kolesterol tinggi juga tentunya tidak hanya dapat diobati dengan obat-obatan medis saja, melainkan juga dapat diobati dengan menggunakan berbagai macam ramuan herbal tradisional. Lalu obat tradisional apa sajakah yang manjur untuk mengobati penyakit kolesterol tinggi? Berikut ini adalah 5 obat kolesterol tradisional paling manjur dan juga aman.

1. Daun Salam
Siapa sangka ternyata daun salam tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan saja, melainkan dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit kolesterol. Untuk membuat ramuan herbal ini maka Anda akan membutuhkan bahan-bahan seperti :
  • Daun salam segar sebanyak 20 lembar
  • Air bersih sebanyak 600 ml
Pertama-tama cuci bersih terlebih dahulu daun salam tadi, kemudian rebus dengan air yang telah disiapkan hingga mendidih dan airnya surut menjadi sekitar 200 ml. Angkat dan dinginkan, saring terlebih dahulu setelah itu minumlah dua kali sehari.

2. Temulawak
Temulawak memang dikenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia, ternyata salah satunya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Cara membuat ramuan herbal dari bahan alami ini Anda akan membutuhkan bahan-bahan seperti :
  • Temulawak sebanyak 30 gram
  • Daun sambiloto kering sebanyak 15 gram
  • Air bersih sebanyak 600 ml
Pertama-tama cuci bersih semua bahan yang sudah disiapkan tadi, kemudian jemur terlebih dahulu hingga temulawak dan daun sambiloto kering. Kupas temulawak kemudian ris-iris dan rebus bersama daun sambiloto. Biarkan hingga mendidih dan airnya surut hingga tersisa sekitar 300 ml, angkat dan dinginkan. Saring ramuan tersebut dan minumlah sebanyak dua kali sehari.

3. Daun Ceremai dan Daun Jambu Biji
Ramuan tradisional untuk menurunkan penyakit kolesterol berikut ini dibuat dari bahan alami seperti daun ceremai dan daun jambu biji. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan tradisional ini antara lain seperti :
  • Daun ceremai segar sebanyak 30 gram
  • Daun jambu biji sebanyak 30 gram
  • Air bersih sebanyak 600 ml
Cara membuat ramuan tradisional ini adalah, cuci bersih terlebih dahulu daun ceremai dan daun jambu biji. Setelah itu rebus dengan air dan biarkan hingga mendidih serta airnya surut hingga setengahnya. Angkat kemudian dinginkan, setelah hangat, saring ramuan tersebut dan diminum sebanyak dua kali sehari.

4. Buah Mengkudu
Ya, selain ampuh mengatasi hipertensi (darah tinggi), buah mengkudu juga rupanya sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Cara membuatnya sendiri sangatlah mudah karena Anda hanya tinggal menyiapkan bahan-bahan berikut ini :
  • Buah mengkudu yang sudah matang sebanyak 3 buah
  • Air secukupnya
Pertama-tama cuci bersih buah mengkudu kemudian iris-iris agar tidak terlalu besar, hancurkan dengan blender dan campurkan air secukupnya hingga menjadi seperti jus. Saring terlebih dahulu jus mengkudu tersebut, kemudian diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Bawang Putih
Satu lagi ramuan tradisional yang terhitung ampuh dalam mengatasi penyakit kolesterol tinggi yakni menggunakan ramuan bawang putih. Untuk membuatnya Anda harus menyiapkan bahan-bahan seperti :
  • Bawang putih segar sebanyak 3 siung
  • Air hangat sebanyak 150 ml
Cara membuatnya sangatlah mudah, karena Anda hanya tinggal mencuci bersih bawang putih tersebut kemudian ditumbuk hingga halus. Masukan bawang putih tersebut kedalam air hangat, aduk hingga merata dan minum ramuan tersebut hingga dua kali dalam sehari.

Diketahui bahwa obat kolesterol tradisional paling manjur di atas tadi memang merupakan obat herbal tradisional yang cukup ampuh dalam mengatasi penyakit kolesterol. Mengatasi penyakit tentu saja tidak harus selalu menggunakan obat-obatan medis, melainkan juga dapat memanfaaatkan berbagai macam bahan alami yang ada di lingkungan sekitar kita.
Baca juga: