search-button

Oct 16, 2016

5 Cara Ampuh Mengatasi Cegukan Pada Bayi

   
Advertisements
Cara Mengatasi Cegukan Bayi

Apotik Sehat – Bagi para ibu yang tengah merasa bingung ketika mengatasi cegukan pada bayi maka referensi cara mengatasi cegukan pada bayi berikut ini diharap dapat membantu. Pasalnya memang saat bayi cegukan maka tidak sedikit ibu yang akan merasa khawatir. Terlebih jika bayi tersebut merupakan anak pertama, maka sudah tentu ibu masih tidak banyak memiliki pengalaman dalam mengurus bayi. Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini beragam informasi perawatan bayi sudah dapat ditemukan melalui berbagai media online.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Salah satunya seperti cara mengatasi cegukan pada bayi, mungkin tidak sedikit juga para ibu yang belum mengetahui caranya. Bagi para ibu yang penasaran dan ingin belajar, maka inilah cara mengatasi cegukan pada bayi yang dpat kita ketahui bersama.

1. Menepuk Bagian Punggung Bayi
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menepuk punggung bayi, hal ini diketahui dapat membantu meredakan cegukan pada bayi. Cara ini sebaiknya dilakukan dengan posisi bayi seperti berdiri dan kepada berada pada pundak ibu. Langkah ini dilakukan bertujuan untuk membuat bayi sendawa, sehingga cegukan akan segera berhenti setelah sendawa.

2. Mengubah Posisi Ketika Menyusui
Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan mengubah posisi saat menyusui. Hal tersebut dikarenakan saat posisi menyusui tidak tepat maka akan semakin banyak udara yang masuk kedalam mulut bayi. Dan hal tersebut diketahui dapat menyebabkan bayi sendawa, sebaikya hentikan menyusui dan ubahlah posisinya hingga tepat.

3. Sendawakan Bayi
Langkah ini juga diketahui dapat membantu meredakan cegukan pada bayi, karena kondisi cegukan tersebut biasanya disebabkan oleh kondisi bayi yang tidak sendawa setelah meminum ASI atau meminum air putih. Maka dari itulah sebaiknya para ibu selalu membiasakan untuk menepuk punggung bayi setelah menyusui atau minum agar dapat sendawa.

4. Istirahat
Jika bayi ibu mengalami cegukan saat diberi ASI atau saat bermain, maka hendaknya dapat beristirahat terlebih dahulu sejenak. Biarkan sang bayi untuk beristirahat terlebih dahulu hingga kondisi cegukannya berhenti. Dapat menggunakan beberapa cara di ata tadi, dan jika kondisi cegukannya sudah berhenti maka ibu dapat melanjutkan kembali aktifitasnya.

5. Berikan Botol Susu yang Tepat
Dan langkah terakhir untuk mengatasi cegukan pada bayi adalah mengganti botol susunya dengan botol yang tepat. Cegukan bisa saja terjadi karena lubang pada dot bayi yang tidak sesuai atau kebesaran. Maka dari itulah saat bayi cegukan ketika menyusui melalui botol, ibu dapat mengganti dot dengan lubang yang lebih kecil agar bayi dapat mengatur sendiri ritmenya.

Cara mengatasi cegukan pada bayi di atas tadi diketahui merupakan cara yang mungkin paling efektif dan mudah untuk dilakukan. Cegukan pada bayi memang hal yang wajar, namun jika tidak segera di atasi maka akan mengganggu kondisi pada bayi. Sebaiknya lebih tenang saat bayi ibu mengalami cegukan, dan cobalah atasi dengan menggunakan beberapa cara diatas.
Baca juga: