search-button

Oct 17, 2016

5 Cara Merawat Rambut Keriting dan Mengembang

   
Advertisements
Cara Merawat Rambut Keriting dan Mengembang

Apotik Sehat – Bagi Anda yang membutuhkan cara merawat rambut keriting maka 5 cara merawat rambut keriting dan mengembang berikut ini diharap dapat menjadi referensi yang membantu dan bermanfaat. Pasalnya merawat rambut keriting memang dapat dikatakan cukup sulit dan membutuhkan banyak proses. Hal tersebut karena karakteristik rambut keriting memang berbeda dari jenis rambut lain pada umumnya.

Cara Merawat Rambut Keriting dan Mengembang

Ya, rambut kerting sendiri selain mudah kusut juga sulit untuk dirapikan, maka dari itulah mengapa jenis rambut keriting akan membutuhkan perawatan yang khusus dan berbeda. Bagi Anda yang membutuhkannya, inilah cara merawat rambut keriting dan mengembang yang dapat kita ketahui bersama.

1. Sesuaikan Potongan Rambut
Salah satu cara merawat rambut yang keriting agar tidak mengembang adalah dengan menyesuaikan potongan rambut. Salah satu contoh potongan rambut yang sesuai untuk ramut keriting adalam model layer. Karena potongan rambut tersebut akan menghasilkan kesan rambut yang tipis secara bertingkat. Dengan begitu, tingkat ketebalan rambut dapat disesuaikan dan rambut yang keriting tidak akan terlalu terlihat mengembang.

2. Menjaga Tingkat Kelembaban Rambut
Selain potongan rambut yang sesuai, tingkat kelembaban rambut juga diketahui merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam jenis rambut keriting. Karena jika rambut kering, maka rambut akan mudah mengembang dan mudah kusut karena rambut ikal atau keriting. Menjaga kelembaban rambut dapat dilakukan dengan cara menggunakan shampo yang tepat, juga dapat menggunakan pelembab alami seperti menggunakan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

3. Creambath Dengan Bahan Alami
Creambath juga diketahui sangat diperlukan bagi jenis rambut keriting, dengan rutin dan teratur melakukan creambath maka rambut keriting tidak akan mudah mengembang. Untuk creambath dengan bahan alami maka Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti santan kelapa atau menggunakan gel dari lidah buaya. Menggunakan bahan-bahan alami tentunya akan lebih aman karena tidak mengandung berbagai macam senyawa kimia yang berbahaya.

4. Lakukan Pengeringan Alami
Untuk Anda yang memiliki jenis rambut keriting, maka sebaiknya tidak menggunakan hairdryer saat mengeringkan rambut setelah keramas. Karena dengan menggunakan pengering rambut tersebut maka rambut akan terlihat semakin berkembang dan cenderung kering. Maka dari itulah sebaiknya lakukan pengeringan secara alami seperti membungkus rambt dengan handuk terlebih dahulu, kemudian dapat disisir dan di angin-angin hingga kering dengan sendirinya.

5. Lindungi Rambut
Dan langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk merawat rambut keriting adalah dengan selalu melindungi rambut dari berbagai masalah. Sepeti menggunakan pelembab khusus saat akan berenang, hingga melindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung dan polusi dengan menggunakan pelindung seperti topi atau kerudung. Juga jangan sering mengusap rambut atau sering mngacak rambut.

Cara merawat rambut keriting dan mengembang di atas tentunya merupakan cara yang paling mudah dilakukan dalam keseharian. Memiliki jenis rambut keriting mungkin memang sedikit merepotkan, namun jika dirawat dengan baik maka rambut keriting pun tetap dapat menyempurnakan penampilan agar lebih cantik dan menawan.
Baca juga: