search-button

Oct 20, 2016

5 Obat Psoriasis Kulit di Apotek

   
Advertisements
Obat Psoriasis Kulit di Apotek
Apotik Sehat – Psoriasis merupakan suatu penyakit yang berupa adanya kelainan pada proses penggantian kulit, yang dimana kulit tersebut mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat, yang sehingga dapat membuat kulit tersebut mengalami bermacam reaksi berupa ruam merah pada kulit, mengelupas yang seperti bersisik, kulit berkerak, dan dengan rasa perih yang seperti panas terbakar, serta gatal-gatal. Psoriasis adalah penyakit yang digolongkan sebagai suatu penyakit autoimun, yaitu penyakit yang diakibatkan oleh terganggunya imunitas (kekebalan tubuh) manusia. Secara garis besar, psoriasis ini belum bisa diketahui secara pasti apa penyebabnya, akan tetapi kita bisa mengobatinya dengan menggunakan obat psoriosis kulit di apotek. Diduga kuat penyakit psoriasis ini berkaitan dengan gangguan imunitas, di mana sistem pada kekebalan tubuh (imun) manusia telah keliru menyerang pada sel kulit sehat, sehingga telah mengakibatkan terjadinya psoriasis.

Penyakit psoriasis ini muncul ketika tubuh kita memproduksi sel-sel kulit dengan berlebihan, di mana pada kondisi normal, tubuh manusia akan memproduksi dan juga mengganti sel-sel kulit matinya dalam jangka waktu beberapa minggu sekali. Namun hal tersebut tidak terjadi pada seseorang yang mengidap psoriasis, sebab mereka justru mengalaminya dalam hitungan hari saja, hal inilah yang mengakibatkan terjadinya penumpukan sel-sel kulit sehingga pada akhirnya akan membentuk penebalan kulit. Sementara itu, ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit psoriasis, diantaranya adalah adanyaTrauma fisik (akibat dari gesekan naupun garukan), Infeksi dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Obat Psoriasis Kulit yang Tersedia di Apotek

  1. Kortikosteroid.
    Obat psoriosis kulit di apotek ini bekerja dengan cara mengurangi inflamasi pada kulit, namun apabila digunakan secara berlebihan akan dapat mengakibatkan penipisan pada kulit. Oleh karena itu obat ini bisa di beli di apotek hanya dengan menggunakan resep dokter. Khusus untuk bagian tubuh yang sensitif seperti wajah dan lipatan kulit, dokter biasanya akan memberikan kortikosteroid oles dengan dosis yang lebih rendah.
  2. Analog vitamin D.
    Analog vitamin D yang biasa digunakan digunakan adalah jenis calcipotriol dan calcitriol. Krim ini bisa digunakan secara bersamaan atau untuk menggantikan kortikosteroid oles. Fungsi dari obat ini adalah untuk menghambat regenerasi kulit serta mengurangi inflamasi.
  3. Methotrexate.
    Fungsi obat ini yaitu untuk menurunkan produksi sel-sel kulit serta mengurangi inflamasi. Penggunaan methotrexate dalam jangka panjang tidak dianjurkan sebab dapat mengakibatkan kerusakan pada hati. Obat ini juga sangat berbahaya untuk janin dan bisa memengaruhi perkembangan dari sel sperma. Apabila menggunakan obat ini, pasien psoriasis wanita yang berencana untuk memiliki anak dianjurkan untuk berhenti mengkonsumsinya setidaknya selama tiga bulan terlebih dulu.
  4. Ciclosporin.
    Pada saat mengonsumsi obat ini sebaiknya tekanan darah dan kondisi ginjal pasien harus dipantau, sebab cara kerja dari obat ini adalah dengan menekan kinerja dari sistem kekebalan tubuh.
  5. Acitretin.
    Acitretin merupakan obat psoriasis kulit di apotek yang berfungsi untuk membantu menurunkan produksi sel-sel kulit. Obat ini juga berbahaya untuk perkembangan janin, akan tetapi tidak mempunyai efek samping pada sel sperma. Wanita yang menggunakan obat ini dianjurkan untuk menunggu selama dua tahun setelah penghentian pemakaian sebelum berencana untuk hamil.

Langkah penyembuhan untuk penyakit psoriasis saat ini memang belum tersedia, akan tetapi penanganan yang bertujuan untuk mengurangi gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang telah terserang penyakit ini sudah bisa kita dapatkan. Metode dalam pengobatan psoriasis mempunyai banyak jenis dan biasanya tergantung pada jenis serta tingkat keparahan yang dialami.
Baca juga: