search-button

Oct 22, 2016

5 Cara Menghilangkan Rambut Uban Secara Alami

   
Advertisements
Cara Menghilangkan Uban Alami

Apotik Sehat – Uban dapat terjadi dikarenakan oleh adanya faktor pigmentasi rambut yang diakibatkan oleh melanin yang tidak mampu diproduksi lagi secara maksimal. Uban biasanya akan muncul ketika seseorang telah memasuki usia 40 tahun, baik itu pada pria maupun wanita. Akan tetapi di era modern ini sudah banyak juga anak muda yang memiliki masalah uban. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menghilangkan uban, salah satunya adalah dengan menyemir rambut.

Cara yang satu ini memang cukup efektif, akan tetapi biasanya apabila rambut telah tumbuh kita harus menyemirnya kembali. Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat herbal penghilang rambut uban. Cara yang satu ini juga cukup efektif untuk menghilangkan uban, namun yang terpenting adalah tidak memiliki efek samping, sehingga aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Obat Penghilang Rambut Uban Alami

1. Biji Pepaya.
Menurut para ahli di dalam biji pepaya terkandung semacam pigmen yang mirip dengan melanin yang dapat membuat rambut menjadi hitam legam, selain itu kandungan mineral alami yang terdapat pada biji papaya ternyata juga sangat baik untuk menghilangkan uban.
Cara menghilangkan uban dengan biji pepaya:
  • Siapkan biji pepaya yang masih segar secukupnya saja, kemudian sangrai biji pepaya tersebut hingga kering, lalu biarkan dingin.
  • Tumbuk semua biji pepaya hingga halus, kemudian dicampur dengan minyak kelapa hingga membentuk adonan yang menyerupai shampo.
  • Oleskan obat alami ini secara merata pada seluruh bagian rambut sambul dipijat-pijat.
  • Tutup kepala dengan menggunakan handuk basah yang hangat hangat atau shower cap kurang lebig selama 30 menit.
  • Setelah itu bilas hingga bersih.

2. Lemon dan Minyak Kelapa.
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada lemon dan senyawa mineral alami yang terdapat pada minyak kelapa merupakan kombinasi obat herbal penghilang uban rambut yang cukup efektif. Dengan menggunakan campuran lemon dan minyak kelapa secara rutin, maka rambut kita menjadi akan jauh lebih hitam dan lebat.
Cara menghilangkan uban secara alami dan cepat dengan lemon dan minyak kelapa:
  • Campurkan perasan lemon dengan minyak kelapa dengan takaran yang disesuaikan dengan panjang rambut.
  • Oles campuran tersebut secara merata hingga keseluruh bagian kulit kepala sambil dipijat-pijat.
  • Agar campuran obat herbal ini meresap dan bekerja optimal, sebaiknya diamkan sekitar 30 menit.
  • Setelah itu bilas rambut Anda dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

3. Minyak Kemiri.
Di dalam minyak kemiri terkandung mineral essens yang bisa meningkatkan proses produksi pigmen melanin rambut. Apabila Anda melakukan perawatan ini secara rutin, maka rambut Anda akan jauh lebih hitam dan berkilau alami.
Cara menghilangkan uban dengan kemiri:
  • Sangrai kemiri sampai kering, kemudian haluskan hingga menghasilkan minyak.
  • Tambahkan air perasan lemon sedikit saja, kemudian oleskan keseluruh bagian kulit kepala secara merata.
  • Setelah dioleskan ke kulit kepala, biarkan ramuan tersebut terserap selama 30 menit agar obat herbal ini dapat bekerja maksimal. Setelah itu bilaslah menggunakan air dingin samapi bersih sebagai proses akhir.

4. Teh Basi.
Menurut penelitian, terdapat manfaat teh untuk rambut beruban. Didalam teh terkandung senyawa antioksidan uang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan produksi pigmen hitam rambut. Bahkan dengan menggunakannya secara rutin, rambut Anda akan menjadi lebih berkilau secara alami.
Cara menghilangkan uban dengan teh basi:
  • Seduh teh secukupnya saja dengan menggunakan air panas.
  • Diamkan seduhan teh tersebut 1 malam.
  • Pagi harinyaAnda dapat menggunakan air seduhan tersebut untuk memijat area dari kulit kepala Anda secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Daun Rambutan.
Sejak jaman dahulu nenek moyang kita telah menggunakan daun rambutan untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut. Mulai untuk menghilangkan ketombe hingga mengatasi uban secara tradisional. Hal ini dikarenakan di dalam daun rambutan terkandung senyawa saponin, tanin, dan polifenol yang telah terbukti dapat meningkatkan produksi pigmen rambut secara alami.
Cara menghilangkan uban dengan daun rambutan:
  • Cuci bersih daun rambutan yang baru dipetik dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Selanjutnya tumbuk daun rambutan tersebut, lalu tambahkan sedikit air dan peras hingga menghasilkan sari yang berwarna hijau.
  • Oleskan air perasan daun rambutan tersebut keseluruh bagian kulit kepala secara merata. Pijat kurang lebih selama 5 menit lalu diamkan selama 25 menit.
  • Setelah itu cuci rambut hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya perawatan dengan menggunakan obat herbal penghilang uban rambut ini Anda lakukan minimal 3 hari sekali. Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan uban rambut secara alami. Akan tetapi karena cara ini sifatnya alami, maka Anda harus lebih sabar untuk menunggu hasil akhirnya. Walaupun lama akan tetapi hasilnya tidak akan mengecewakan Anda.
Baca juga: