search-button

Oct 23, 2016

Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

   
Advertisements
Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

Apotik Sehat – Dipastikan tidak akan semua kalangan sudah mengetahui berapa biaya cek golongan darah di Puskesmas. Kondisi tersebut diketahui karena kurangnya sosialisasi antara pihak Puskesmas dengan setiap kalangan masyarakat. Pasalnya memang tidak seluruh kalangan masyarakat memang akan selalu berobat ke Puskesmas. Banyak faktor yang mungkin hingga saat ini membuat sebagian kalangan masyarakat enggan untuk berobat ke Puskesmas, salah satunya seperti minimnya layanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas. Terlebih untuk pasien yang menggunakan jaminan kesehatan gratis hingga BPJS, memang tidak di setiap Puskesmas hal tersebut akan terjadi.

Harga dan Biaya Cek Golongan Darah di Puskesmas

Namun hingga saat ini tidak sedikit juga kalangan masyarakat yang memiliki keluhan tersebut, khususnya mereka yang masuk pada kategori menengah kebawah. Padahal jika dilihat fungsinya, Puskesmas sendiri sebenarnya menyediakan layanan yang cukup lengkap. Bahkan disana pasien dapat melakukan tes darah atau untuk mengetahui golongan darah.

Terlebih pada saat ini keberadaan sektor Pukesmas di berbagai daerah pun sudah mulai dibenahi dan dikembangkan, sehingga fasilitas di hampir tiap sektor Puskesmas pun kini sudah mulai memadai untuk berobat. Sehingga saat ini sudah tidak perlu takut atau ragu lagi saat hendak berobat atau membutuhkan bantuan medis termasuk cek golongan darah di Puskesmas.

Salah satu contohnya yakni ketika ingin mengetahui golongan darah ini, mungkin banyak kalangan yang akan langsung terlintas di pikiran mereka untuk mengunjungi rumah sakit saat membutuhkan bantuan medis tersebut. Padahal sebenarnya saat ini untuk mengetahui golongan darah tersebut dapat dilakukan di pusat kesehatan seperti Puskesmas.

Terlebih jika membandingkan soal biaya, maka sudah tentu biaya dan harga tes golongan darah di Puskesmas dengan Rumah Sakit akan memiliki perbandingan yang jauh dan berbeda. Ya, pasalnya jika Anda melakukannya di Rumah Sakit umum ataupun swasta, maka sudah tentu biaya yang dikeluarkan akan berkisar antara puluhan ribuh hingga ratusan ribu rupiah.

Sedangkan di Puskesmas, Anda akan mendapatkan biaya yang lebih murah bahkan berali-kali lipat dari biaya tersebut. Karena biaya cek golongan darah di puskesmas diketahui hanya berkisar kurang dari 10 ribua rupiah. Untuk detailnya sebagai berikut :

1. Golongan Darah anti D - Tarif : Rp. 7.000, dengan rincian sebagai berikut :
  • Biaya Operasional Pelayanan - Rp. 3.500
  • Jasa Sarana - Rp. 500
  • Jasa Pelayanan - Rp. 3.000

2. Golongan Darah tanpa anti D - Tarif : Rp. 6.000, dengan rincian sebaagi berikut :
  • Biaya Operasional Pelayanan - Rp. 2.500
  • Jasa Sarana - Rp. 500
  • Jasa Pelayanan - Rp. 3.000

Sangat murah bukan? Jika bisa mengeluarkan biaya yang jauh lebih murah namun dengan hasil yang tidak jauh berbeda, mengapa harus memilih yang lebih mahal? Ya, terlebih di era perokonomian yang tengah tidak menentu seperti sekarang ini. Jasa layanana kesehatan dengan biaya yang relatif lebih murah tentu akan memberikan banyak keuntungan bagi kita semua.

Untuk itu cobalah untuk percaya pada sektor-sektor Puskesmas yang ada di area wilayah tempat tinggal Anda. Semoga informasi mengenai biaya cek golongan darah di Puskesmas di atas tadi dapat menjadi sumber referensi yang dapat membantu serta bermanfaat bagi Anda semua yang membutuhkannya.
Baca juga: