search-button

Oct 24, 2016

Biaya Periksa Kehamilan di Puskesmas

   
Advertisements
Biaya Periksa Kehamilan di Puskesmas
Apotik Sehat – Jika bicara soal biaya periksa kehamilan di puskesmas, maka hal tersebut biasanya akan bergantung dari metode pembayaran yang digunakan. Akan tetapi belakangan ini memang diketahui jarang kalangan yang bersedia melakukan pemeriksaan kehammilan pada unit kesehatan seperti Puskesmas.

Hal tersebut diketahui karena selama ini citra pelayanan pada fasilitas kesehatan seperti Puskesmas sendiri memang kerap mengecewakan. Khususnnya mungkin untuk pelayanana yang menggunakan metode pembayaran jaminan pemerintah gratis atau tidak berbayar. Maka dari itulah hingga saat ini citra pelayanan di Puskesmas pun masih sangat diragukan.

Biaya Periksa Kandungan di Puskesmas


Belum lagi fasilitasnya yang mungkin kurang lengkap dan tidak terlalu menunjang. Ya, karena jika dibandingkan dengan unit kesehatan milik swasta, maka fasilitas di Puskesmas memang tidak ada apa-apanya. Namun yang harus disadari adalah, memang tidak semua kalangan akan mampu melakukan pemeriksaan pada berbagai fasillitas kesehatan swasta tersebut.

Salah satu contohnya perihal kehamilan, dari sebagian besar kalangan ibu hamil maka sudah tentu akan selalu menginginkan pemeriksaan terbaik. Sedangkan sebagian besar kalangan ibu hamil yang periksa pada fasilitas kesehatan seperti puskesmas biasanya akan selalu mengalami ketidakpuasan dari berbagai sisi.

Kondisi tersebut diketahui karena fasilitas yang masih dianggap minimum serta pelayanan dari pelayan kesehatannya yang masih dianggap kurang. Maka dari itulah yak heran jika dewasa ini memang semakin banyak kalangan yang lebih memilih periksa di fasilitas kesehatan lain, sekalipun harus mengeluarkan kocek yang cenderung lebih mahal.

Lalu, berapakah sebenarnya biaya periksa kehamilan di puskesmas? Diketahui bahwa biaya untuk pemeriksaan kehamilan biasanya akan berkisar pada tarif mulai dari 5 hingga 10 ribu rupiah. Terhitung relatif murah karena fasillitas kesehatan seperti Puskesmas memang mendapatkan tunjangan dari pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.

Namun biaya tersebut biasanya hanya merupakan biaya periksa saja belum termasuk USG atau pemeriksaan intensif lainnya. Biaya tersebut biasanya merupakan biaya umum dan tidak menggunakan menggunakan jaminan kesehatan apapun. Karena jika menggunakan jaminan kesehatan, maka biayanya sendiri akan di gratiskan karena sudah ada yang mengklaim.

Jika menggunakan jaminan kesehatan pemerintah maka biaya gratis tersebut akan sepenuhnya dijamin oleh pemerintah. Dan jika menggunakan jaminan kesehatan seperti BPJS, maka sudah tentu seluruh biayanya akan diklaim oleh pihak asuransi kesehatan BPJS. Akan tetapi seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, bahwa banyak pihak yang biasanya merasa kurang puas.

Khususnya mungkin saat menggunakan jaminan kesehatan gratis dari pemerintah. Memang jika dibandingkan dengan biaya pemeriksaan di fasilitas kesehatan swasta, biayanya akan beda hingga berkali-kali lipat. Karena di fasilitas kesehatan swasta biasanya akan membutuhkan biaya puluhan bahkan hingga ratusan ribu untuk sekali pemeriksaan saja.

Hal tersebutlah yang mungkin masih menjadi kendala hingga saat ini. Karena walaupun biaya periksa kehamilan di puskesmas terhitung relatif murah, namun pelayanan yang diperoleh pun biasanya akan terasa kurang optimal. Sehingga tak heran jika hingga saat ini masih banyak kalangan masyarakat yang terkadang meragukan kinerja dari sebuah unit Puskesmas.
Baca juga: