search-button

Oct 25, 2016

Biaya USG Kehamilan di Bidan

   
Advertisements
Biaya USG Kehamilan di Bidan
Apotik Sehat – Biaya USG kehamilan di bidan memang akan cenderung terhitung relatif lebih murah jika dibandingkan dengan biaya USG di Dokter Spesialis Kandungan. Sebenarnya untuk biaya USG nya sendiri tidaklah berbeda jauh antara dokter spesialis dengan bidan. Hanya saja, biaya keseluruhannya akan berbeda karena meliputi konsultasi dan resep obat. Melakukan USG atau Ultrasonografi saat masa kehamilan memang diperlukan, tiak hanya untuk mengetahui gender atau jenis kelamin saja melainkan juga untuk mengetahui kesehatan dan kondisi janin. Ya, karena pada umumnya banyak kalangan yang periksa kehamilan di bidan dan melakukan USG karena ingin mengetahui gender atau jenis kelamin janin dan juga kondisinya.

Biaya USG Kehamilan di Bidan

Metode kesehatan tersebut memang merupakan metode modern skrining untuk memeriksa kandungan secara terperinci. Dikatakan metode modern, karena sebelumnya kebanyakan bidan akan memeriksa kesehatan janin hanya dengan menggunakan metode fetal doppler. Sebuah alat khusus yang dapat merekam suara denyut jantung janin di dalam kandungan. Namun metode tersebut kini sudah mulai jarang digunakan sekaliun oleh para bidan, pasalnya sudah terdapat metode pemeriksaan medis yang lebih modern yakni dengan USG atau Ultrasonografi ini. Bahkan dewasa ini sudah terdapat metode USG yang lebih modern dan canggih yakni USG 4 Dimensi.

Akan tetapi metode USG yang tersedia di sebagian bidan biasanya hanya merupakan metode USG 2 dimensi saja. Hal tersebut tentu saja karena metode USG tersebut dipastikan masih dapat terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Terlebih bidan sendiri biasanya akan lebih banyak dikunjungi oleh masyarakat dengan kalangan menengah kebawah. Lalu berapakah biayanya? Sebenarnya biaya melakukan USG di dokter spesialis kandungan atau di bidan sama aja atau tidak berbeda jauh. Biasanya kisaran periksa USG di bidan akan berkisar antara 90 ribu hingga 110 ribu rupiah. Sedangkan di dokter spesialis kandungan, biayanya akan berkisar mulai dari 100 ribu hingga 150 ribu rupiah bahkan lebih.

Perbedaan biaya tersebut juga biasanya akan berbeda-beda di setiap daerah serta tergantung dokter atau bidannya sendiri. Namun jika dibandingkan, tentu saja biaya USG kehamilan di bidan jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya di dokter spesialis kandungan. Dan sebenarnya fungsinya sendiri masih sama dan tidak berbeda jauh.

Beberapa manfaat USG yang dapat kita ketahui bersama antara lain seperti :
  1. Mengetahui diagnosis serta konfirmasi awal kehamilan seperti kehamilan ektopik atau kehamilan molar.
  2. Mengetahui posisi serta kondisi dari plasenta untuk memastikan kelancaran saat persalinan nanti.
  3. Memeriksa kondisi denyut jantung janin untuk mengetahui tingkat normal atau tidaknya janin.
  4. Mengetahui jumlah janin yang ada di dalam kandungan, seperti misalkan terdapat lebih dari satu janin/kembar.
  5. Mengetahui usia kehamilan hingga berat janin dengan metode CRL (Crown-rump Length), BPD (Biparetal Diameter), Fl (Femur Length), dan AC (Abdominal Circumverence).
  6. Mendiagnosis atau mengetahui kondisi kelainan struktural pada janin seperti anensefali, spina bifida, dll.
  7. Memeriksa seberapa banyak jumlah cairan ketuban di dalam rahim.
  8. Dan yang terakhir tentunya untuk mengetahui jenis kelamin dari janin yang dikandung.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai tarif atau biaya USG kehamilan di bidan pada saat ini. Bagi Anda yang berniat memeriksakan kandungan, maka tidak harus selalu memilih dokter spesialis kandungan saat akan berkonsultasi atau USG. Karena saat ini pun sudah terdapat cukup banyak bidan yang juga menyediakan fasilitas USG.
Baca juga: