search-button

Oct 30, 2016

Cara Membersihkan Mata yang Kuning Secara Alami

   
Advertisements

Apotik Sehat – Dewasa ini cara membersihkan mata yang kuning secara alami memang dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode. Hanya saja metode alami yang dipilih dan digunakan hendaknya tidak secara asal-asalan saja. Karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa mata merupakan organ tubuh yang paling krusial dan sensitif.

Maka dari itulah jika metode perawatan yang dilakukan tidak tepat, maka dipastikan akan membahayakan organ inti pada indera penglihatan tersebut. Pada dasarnya terdapat beberapa faktor penyebab yang dapat membuat mata menjadi kuning. Mulai dari kurang istirahat, pola hidup yang tidak sehat, polusi, penyakit, kekurangan vitamin A, hingga faktor kelelahan.

Cara Membersihkan Mata yang Kuning Secara Alami

Tentu saja siapapun tidak ingin mengalami permasalahan tersebut dan akan selalu menginginkan memiliki mata yang putih dan juga bersinar. Namun bagi Anda yang tengah mengalami kendala tersebut tentu saja tidak perlu merasa khawatir atau takut. Karena beberapa cara membersihkan mata yang kuning secara alami berikut ini dapat Anda coba praktikan sendiri dirumah.

1. Ramuan Daun Sirih
Daun sirih telah diketahui memiliki banyak manfaat manusia, salah satunya yakni dapat mengatasi beberapa permasalahan pada mata. Tentu saja dengan dibuat menjadi ramuan herbal dan digunakan sebagai obat tetes mata alami. Berikut ini cara membuatnya :
Pertama-tama siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun sirih, setelah itulah bilas dan bersihkan.
Rebus daun sirih tersebut dengan air secukupnya dan biarkan hingga mendidih dan airnya berkurang hingga menjadi pekat.
Dinginkan daun air rebusan daun sirih tersebut kemudian gunakan sebagai obat tetes mata, atau dapat juga digunakan untuk merendam mata.
Agar hasilnya yang optimal, Anda bisa melakukannya secara rutin dan teratur.

2. Jus Kentang dan Mentimun
Selain menggunakan ramuan tetes mata alami di atas, ada juga ramuan herbal alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengompres mata. Yakni menggunakan kentang dan juga mentimum, uang dikenal memiliki banyak kandugan bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah cara membuatnya :
  • Siapkan 1 buah kentang dan mentimun yang segar, kemudian cuci bersih kedua sayuran tersebut dan kupas kulit kentang.
  • Potong-potong terlebih dahulu kentang dan mentimun, kemudian haluskan dengan menggunakan blender.
  • Siapkan kapas secukupnya kemudian celupkan pada jus kentang dan mentimun tadi, peras agar tidak terlalu basah dan tempelkan pada mata untuk mengompres.Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dan bersihkan mata dengan air bersih.
  • Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur agar mata Anda kembali menjadi putih dan bersinar.
  • Agar ramuan alami tadi dapat digunakan hingga beberapa kali, maka Anda dapat menyimpan sisanya di dalam lemari es.

3. Merubah Pola Hidup.
Selain melakukan perawatan di atas, maka Anda juga harus merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Seperti contohnya mencukupi kebutuhan tidur/istirahat setiap harinya, banyak mengkonsumsi air mineral, tidak memaksakan kinerja mata (beristirahat jika sudah lelah), hingga mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara membersihkan mata yang kuning secara alami di atas tadi? Semua cara alami tersebut diketahui dapat dilakukan dalam keseharian di rumah Anda. Sehingga tidak membutuhkan biaya khusus untuk perawatan ataupun pengobatan. Dan tentunya, berbagai macam cara alami lebh aman dilakukan karena tidak memiliki efek samping negatif.
Baca juga: