search-button

Nov 6, 2016

Cara Mengobati Telinga Berair Secara Tradisional

   
Advertisements
Cara Mengobati Telinga Berair Secara Tradisional
Apotik Sehat – Cara mengobati telinga berair secara tradisional memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Hal tersebut tentu saja  karena telinga merupakan salah satu organ tubuh yang masuk pada indera manusia, yakni indera pendengaran. Maka dari itulah ketika bermasalah harus segera di atasi, namun mengatasinya pun tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Salah satu contohnya seperti telinga berair, saat lubang telinga mengeluarkan cairan maka sudah tentu indera pendengaran tersebubt tengah mengalami masalah. Kondisi tersebut diketahui tetrjadi karena beberapa faktor penyebab. Beberapa diantaranya seperti terjadinya infeksi, kotoran telinga yang menumpuk, eksim pada lubang telinga, hingga karena abses gusi.

Cara Mengobati Telinga Berair Secara Tradisional

Keluarnya cairan dari telinga tersebut biasanya karena gendang-gendang yang terdapat di dalam telinga robek. Kemudian mengeluarkan cairan berbau yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi, kondisi tersebut juga biasanya disebut dengan Otitis Media. Dan untuk mengatasinya, dapat mencoba beberapa cara mengobati telinga berair secara tradisional berikut ini.

1. Ramuan Kunyit
Obat tetes tradisional pertama yang dapat dicoba adalah ramuan yang terbuat dari kunyit dan beberapa bahan alami lainnya ini. Ramuan ini dapat dicoba sebagai obat tetes telinga tradisional dari bahan alami. Adapun bahan yang dibutuhkan antara lain seperti :
  • Kunyit sebanyak 1 ruas jari
  • Daun iler secukupnya
  • Biji mahoni sebanyak 1 butir
  • Minyak wijen sebanyak 3 sendok makan
Untuk membuatnya, haluskan semua bahan alami tersebut kemmudian campurkan dengan minyak wijen yang telah dipanaskan terlebih dahulu sebelumnya. Aduk hingga seluruh bahan tersebut bercampur rata, kemudian dapat diteteskan sedikit pada telinga yang berair.

2. Ramuan Daun Anggrek
Permasalahan seperti telinga berair juga diketahui dapat diatasi menggunakan ramuan dari daun anggrek, namun juga yang dicampur dengan bahan alami lain seperti kunyit. Bagi Anda yang ingin mencobanya, maka berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan :
  • Daun anggrek secukupnya
  • Kunyit secukupnya
  • Cottonbud
Cara membuat yakni dengan mencuci bersih terlebih dahulu kedua bahan tersebut. Kemudian haluskan keduanya hingga mengeluarkan air sarinya. Untuk pengobatan nya, teteskan air sari ramuan tradisional tadi pada cotton bud lalu gunakan untuk mengobati bagian dalam dan luar telinga. Namun lakukan secara perlahan dan jangan terlalu dalam.

3. Ramuan Daun Pegagan
Ramuan tradisional lainnya yang juga dapat digunakan untuk mengobati telinga berair adalah ramuan alami dari daun pegagan ini. Caranya pun cukup mudah, karena Anda hanya tinggal menyiapkan beberapa lembar daru pegagan yang telah dicuci bersih kemudian dihaluskan.
Setelah lembut dan mengeluarkan air sarinya, gunakan air sari dari daun pegagan tersebut sebagai obat tetes telinga alami. Namun janganlah meneteskannya terlalu banyak pada bagian telinga yang berair, melainkan teteskan sedikit saja secara rutin dan teratur.
Tiga ramuan herbal di atas tadi memang dikenal ampuh sebagai cara mengobati telinga berair secara tradisional. Akan tetapi jika dirasa tidak sembuh atau tidak membaik, maka sebaiknya segeralah periksakan ke ahli THT. Semoga informasi kesehatan terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat bagi Anda semuanya.
Baca juga: