search-button

Oct 3, 2016

5 Pantangan dan Larangan Penderita TBC

   
Advertisements
Pantangan dan Larangan Penderita TBC
Apotik Sehat – Tentunya dirasa penting untuk mengetahui berbagai pantangan dan larangan penderita TBC, khususnya mungkin bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru serius tersebut. Ya, penyakit TBC atau tuberkulosis ini merupakan salah satu jenis penyakit menular yang meyerang organ pernapasan yakni paru-paru. Penyebab umum dari penyakit ini adalah rendahnya tingkat gizi yang ada di dalam tubuh seseorang, dengan kondisi tersebut maka tubuh akan kesulitan dalam memerangi penyakit yang masuk. Maka dari itulah mengapa penderita TBC atau tuberkulosis sendiri biasanya akan memiliki bobot tubuh yang sangat ringan dan kecil.

Pantangan dan Larangan Penderita TBC

Sebenarnya penyakit ini dapat diperangi atau diatasi dengan mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan bergizi. Khususnya berbagai macam jenis makanan yang kaya akan vitamin B, antioksidan, dan juga zat besi. Dengan asupan makanan yang tepat, maka berat tubuh penderita penyakit TBC pun dapat berangsur normal dan ideal. Selain memiliki berat tubuh ideal, dengan banyaknya makanan bergizi yang dikonsumsi maka tingkat kekebalan tubuh pun dapat terus meningkat. Dengan begitu, tubuh pun dapat lebih mudah memerangi berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Termasuk memerangi penyakit yang sudah ada di dalam tubuh.

Maka dari itulah biasanya penderita TBC akan selalu dianjurkan untuk mengkonsumi berbagai macam jenis makanan yang mengandung gizi tinggi. Selain anjuran, tentunya terdapat juga berbagai macam larangan atau pantangan bagi penderita TBC atau tuberkulosis. Berikut ini adalah beberapa pantangan dan larangan Penderita TBC yang harus dihindari.
  1. Makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan yang menggunakan gula halus dan juga gula olahan. Beberapa contohnya antara lain seperti gula putih, puding, kue, sereal, hingga roti, dan makanan manis lainnya.
  2. Makanan kedua yang harus dihindari adalah saus olahan yang banyak mengandung natrium dan juga gula. Sebagai gantinya, maka dapat menggunakan saus apel atau saus cranberry.
  3. Selain makanan, minuman seperti teh dan kopi juga wajib dihindari oleh para penderita penyakit TBC. Pasalnya kedua jenis minuman tersebut diketahui memiliki kandungan zat kafein yang tinggi, dan zat tersebut diketahui merupakan stimulan utama bagi penyakit TBC atau tuberkulosis ini.
  4. Makanan lain yang juga harus dihindari adalah acar sayuran yang memiliki kandungan natrium sangat tinggi. Pasalnya bagi penderita penyakit TBC, asupan natrium ke dalam tubuh memang harus dibatasi. Untuk itulah mengapa makanan ini sebaiknya juga dihindari dan tidak dikonsumsi.
  5. Dan jenis minuman terakhir yang juga wajib dihindari adalah minuman yang mengandung alkohol atau minuman beralkohol. Selain kafein dan alkohol, penderita penyakit TBC juga sebaiknya menghindari minuman dingin seperti air es, air sari jeruk nipis, minuman bersoda, hingga air sari jeruk purut.

Beberapa pantangan atau larangan bagi penderita penyakit TBC atau tuberkulosis di atas tadi memang sebagian besarnya berasal dari jenis makanan dan minuman. Pasalnya jenis penyakit TBC ini juga disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam keseharian. Maka dari itulah asupan makanan pun harus dijaga dan diperhatikan dengan baik.

Adapun beberapa pantangan dan larangan penderita TBC lainnya yang dapat diketahui seperti menghindari tempat berdebu, beraktifitas berlebihan hingga kelelahan, dan sebaiknya menghindari kebiasaan merokok. Dengan mengetahui berbagai pantangan dan larangannya, maka kini Anda dapat lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan guna menjaga kesehatan tubuh.
Baca juga: