search-button

Oct 27, 2016

Pantangan Rematik dan Asam Urat

   
Advertisements
Pantangan Rematik dan Asam Urat
Apotik Sehat – Mengetahui pantangan rematik dan asam urat tentu saja merupakan hal yang penting bagi penderitanya. Kedua jenis penyakit tersebut memang dapat dikatakan memiliki banyak persamaan karena menyerang pada bagian persendian tubuh. Selain itu, kedua penyakit tersebut juga diketahui memiliki penyebab yang sama. Faktor penyebab tersebut diketahui sebagian besarnya dikarenakan berbagai macam makanan yang dikonsumsi dalam keseharian. Karena selain usia, penyebab penyakit rematik dan juga asam urat memang berasal dari kandungan purin yang tinggi di dalam makanan. Pola makan yang tidak sehat dan teratur akan membuat seseorang mudah terkena penyakit tersebut.

Mengenal Pantangan Rematik dan Asam Urat

Untuk itulah jika berbicara soal pantangan, maka sudah tentu pantangan makanan yang dilarang bagi penderita rematik dan asam urat adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Penasaran dengan beberapa pantangan dari penyakit tersebut? Inilah beberapa makanan yang menjadi pantangan rematik dan asam urat.

1. Makanan Dengan Kandungan Purin Tinggi (Golongan A)
Pantangan yang utama dari penyakit rematik dan asam urat adalah makanan dengan kandungan puring yang tinggi. Jenis makanan tersebut diketahui dapat langsung memicu kambuhnya penyakit asam urat dan rematik.
Beberapa jenis makan tersebut diantaranya adalah :
  1. Makanan jeroan seperti paru, ginjal, usus, hati, dan otak dari hewan-hewan ternak.
  2. Abon dan juga dendeng sapi.
  3. Makanan laut seperti kerang, udang, dan juga remis.
  4. Makanan kalengan, khususnya yang melalui proses pengawetan makanan.
  5. Ragi (tape) dan makanan atau minuman yang mengandung alkohol.

2. Makanan Dengan Kandungan Purin Sedang (Golongan B)
Berbeda dengan jenis makanan golongan A yang sebagian besarnya berasal dari hewani, makanan golongan B ini cenderung di dominasi oleh tanaman dan umbi-umbian. Adapun beberapa jenis makanan golongan B yang dapat diketahui antara lain seperti :
  1. Kacang-kacangan kering
  2. Bayam
  3. Asparagus
  4. Daun singkong
  5. Jamur
  6. Kembang kol
  7. Daun kangkung
  8. Daun pepaya
Selain tanaman dan umbi-umbian di atas, adajuga makanan hewani yang masuk pada kategori makanan golongan B seperti ikan dan daging merah (daging sapi dan kambing).

3. Makanan Dengan Kandungan Purin Ringan (Golongan C)
Dan makanan yang memiliki kandungan purin namun tidak begitu tinggi adalah jenis makanan dari golongan C ini. Beberapa jenis makanan ini antara lain seperti susu, telur, keju, dan buah-buahan. Adapun beberapa jenis sayuran yang masuk pada kategori makanan golongan C ini adalah jenis sayuran yang tidak disebutkan pada dua golongan di atas sebelumnya.

Perlu diperhatikan bahwa bagi penderita rematik dan penyakit asam urat dengan kadar di atas 7 mg/dl, maka hendaknya dapat menghindari jenis makanan dari golongan A dan B di atas. Jenis makanan tersebut merupakan makanan pantangan rematik dan asam urat yang wajib dihindari. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat.
Baca juga: