search-button

Nov 2, 2016

Pantangan Tipes dan Makanan yang Dibolehkan

   
Advertisements
Pantangan Tipes dan Makanan yang Dibolehkan
Apotik Sehat – Ingin mengetahui berbagai pantangan tipes dan makanan yang dibolehkan bagi penderita penyakit thypus tentunya tidak harus selalu berkonsultasi dengan dokter ahli saja. Kini beragam informasi kesehatan sendiri diketahui sudah sangat banyak terdapat di berbagai media online seperti situs atau website kesehatan. Thypus atau yang lebih dikenal dengan sebutan nama penyakit tipes ini adalah sebuah penyakit yang terjadi di bagian usus kecil organ pencernaan. Infeksi pada usus halus tersebut diketahui karena bakteri seperti salmonella paratyphi atau salmonella typhi. Jenis penyakit ini biasanya akan mudah menjangkit mereka yang kurang menjaga kebersihan, terutama dari makanan.

Pantangan Tipes dan Makanan yang Dibolehkan

Kondisi penyakit ini dapat dikatakan tidak biasa, karena jika tidak ditangani secara intensif maka dapat berakibat fatal dengan risiko terburuk adalah kematian. Wajar saja, karena penyakit ini terjadi pada salah satu organ tubuh yang sangat krusial yakni pencernaan. Jika pencernaan sudah tidak dapat berfungsi dengan baik, maka ketahanan tubuh pun akan semakin berkurang.

Untuk itulah mengapa penderita penyakit ini harus sangat memperhatikan kondisinya, khususnya pada apa saja yang diperbolehkan dan juga menghindari berbagai macam pantangannya. Karena penyakit ini terjadi di organ pencernaan, maka sudah tentu patokannya adala makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa pantangan tipes dan makanan yang dibolehkan.

Makanan Pantangan Penyakit Thypus

Bagi penderita penyakit thypus maka sudah tentu makanan yang dikonsumsi harus sangat diperhatikan. Jika tidak demikian, maka kondisi usus halus yang tengah mengalami luka pun akan semakin sulit untuk disembuhkan. Adapun beberapa jenis makanan yang wajib dihindari seperti :
  • Makanan pedas, karena dapat membuat organ pencernaan mengalami pembengkakan hingga mengalami pendarahan.
  • Makanan berminyak, karena jenis makanan ini terhitung sangat sulit dicerna oleh organ pencernaan dan membutuhkan proses yang sangat lama. Saat mengkonsumsi makanan tersebut maka sudah tentu usus akan dipaksa bekerja, yang hanya akan membuat infeksinya semakin parah.
  • Makanan asam, karena makanan yang memiliki rasa asam ini juga akan membuat infeksi pada organ pencernaan semakin parah, khususnya dibagian lambung.
  • Makanan berserat tinggi, karena makanan berserat tinggi juga akan sulit dan lama dicerna. Jika dikonsumsi maka hanya akan memaksa usus dan membuat infeksinya semakin parah.
  • Minuman yang mengandung kafein, minuman bersoda, hingga minuman beralkohol, karena jenis minuman tersebut hanya akan membuat sistem pencernaan menjadi tidak baik.

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Penyakit Thypus

Selain makanan yang harus dihindari, penderita penyakit thypus juga diketahui diharuskan mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Dan jenis makanan tersebut diketahui biasanya akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik dan sehat. Adapun beberapa jenis makanan tersebut antara lain seperti :
  • Makanan yang serba lunak, karena jenis makanan ini terhitung mudah dicerna sehingga tidak membahayakan organ pencernaan. Beberapa contohnya antara lain seperti bubur, nasi tim, kentang yang dihaluskan, puding/agar-agar, alpukat, dll.
  • Makanan yang tinggi protein, karena makanan ini akan memberikan asupan stamina dan juga tenaga yang besar bagi tubuh. Beberapa contohnya seperti daging ayam rebus, ikan rebus, hati ayam rebus, kacang kedelai rebus, tahu rebus, dll.
  • Makanan rendah serat, karena jenis makanan ini akan membuat sistem pencernaan tidak perlu bekerja terlalu keras saat mencerna makanan. Beberapa contohnya seperti kacang panjang, alpukat, wortel, buncis, labu siam, pepaya, dll.
Bagi penderita penyakit thypus atau tipes maka beberapa pantangan tipes dan makanan yang dibolehkan di atas tadi harus sangat diperhatikan. Jika tidak demikian, maka dipastikan infeksi yang terjadi pada sistem pencernaan pun akan semakin lama sembuhnya. Namun jika mengikuti anjuran, sebenarnya jenis penyakit ini merupakan penyakit yang cukup mudah disembuhkan.
Baca juga: