search-button

Oct 29, 2016

Perbedaan Rematik dan Asam Urat

   
Advertisements
Perbedaan Rematik dan Asam Urat
Apotik Sehat – Mungkin tidak sedikit kalangan yang masih keliru terhadap perbedaan rematik dan asam urat, bahkan terkadang sebagian kalangan menganggap bahwa kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang sama. Namun sebenarnya penyakit rematik dan asam urat sendiri merupakan dua penyakit yang berbeda. Tidak dapat dipungkiri memang bahwa gejala dari kedua penyakit tersebut memang tidak jauh berbeda. Akan tetapi diketahui bahwa penyakit asam urat akan menimbulkan rasa sakit yang khas dibandingkan dengan penyakit rematik. Karena penyakit asam urat memang menimbulkan rasa sakit yang dapat dikatakan lebih spesifik yakni di bagian persendian.

Perbedaan Rematik dan Asam Urat

Kendati demikian, terdapat beberapa fakta yang dapat kita ketahui bersama diantara ciri ciri asam urat dan rematik tersebut. Dimana penyakit rematik dan asam urat memang memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya. Mudahnya, jika memiliki penyakit rematik maka belum tentu memiliki penyakit asam urat. Namun sebaliknya, jika memiliki penyakit asam urat maka sudah tentu akan memiliki penyakit rematik. Maka dari itulah dapat dikatakan bahwa penyakit rematik sendiri sebenarnya memiliki cakupan yang lebih luas. Lalu apakah perbedan dari kedua penyakit tersebut? Inilah beberapa perbedaan rematik dan asam urat yang dapat kita ketahui bersama.

Perbedaan pertama antara penyakit asam urat dan penyakit rematik adalah penyebab dari kedua penyakit tersebut. Penyakit asam urat disebabkan oleh adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh hingga di atas kadar normal. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena asupan purin yang berlebihan melalui makanan yang dikonsumsi.

Sedangkan penyakit rematik sendiri diketahui disebabkan oleh pengapuran yang terjadi pada sendi, terjadinya infeksi, hingga karena faktor auto imun, dan penyebab lainnya. Selain itu, penyakit rematik juga diketahui disebabkan oleh menumpuknya kadar asam urat di dalam tubuh. Maka dari itulah dikatakan bahwa penyebab dari kedua penyakit tersebut memiliki persamaan.

Perbedaan kedua dari penyakit rematik dan asam urat adalah bagian organ tubuh yang terkena atau diserang. Pada umumnya, penyakit rematik memiliki banyak penyebab sehingga akan menyerang lebih banyak organ tubuh dibanding asam urat. Bagian yang diserang biasanya akan bermacam-macam mulai dari persendian, leher, bahu, pinggang, dan lain-lain.

Berbeda dengan penyakit asam urat, yang diketahui hanya akan menyerang pada bagian persendian tubuh di bagian tertentu saja tanpa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dan salah satu bagian tubuh yang biasanya akan terkena penyakit asam urat adalah bagian sendi-sendi pada kaki. Dan bagian tersebut biasanya akan mengalami rasa sakit yang hebat.

Untuk persamaannya, kedua penyakit tersebut diketahui memiliki persamaan yakni pada proses penyembuhan serta cara pencegahannya. Namun diketahui bahwa kedua penyakit tersebut akan menyerang tubuh karena pola hidup yang tidak sehat. Maka dari itulah sebenarnya untuk menghindari kedua penyakit tersebut dapat dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat.

Demikian di atas tadi adalah beberapa perbedaan rematik dan asam urat yang telah kita ketahui bersama. Setelah mengetahui perbedaannya, maka hal tersebut harusnya dapat menjadi acuan untuk menghindarinya. Semoga informasi dunia kesehatan terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat bagi Anda semuanya.
Baca juga: