search-button

Nov 4, 2016

5 Tips Cara Mempercepat Tumbuh Gigi Bayi

   
Advertisements
Cara Mempercepat Tumbuh Gigi Bayi
Apotik Sehat –  Tips cara mempercepat tumbuh gigi bayi yang akan coba kami referensikan pada kesempatan kali ini memang tidak akan memberikan hasil yang ampuh hingga seratus persen. Akan tetapi beberapa cara tersebut diketahui dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi sang buah hati Anda.
Idealnya, pertumbuhan gigi pada bayi biasanya akan dimulai pada masa usia 6 bulanan atau lebih. Namun ada juga bayi yang memang terlambat dalam urusan pertumbuhan gigi mereka, hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang terhitung wajar. Karena setiap bayi akan memiliki waktu pertumbuhan gigi yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Tips Cara Mempercepat Tumbuh Gigi Bayi

Akan tetapi jika kondisi tersebut terjadi pada bayi ibu, maka hendaknya janganlah bingung atau bahkan khawatir berlebihan. Karena ibu dapat mencoba menstimulasi pertumbuhan gigi mereka dengan menggunakan beberapa cara. Bagi ibu yang membutuhkannya, inilah tips cara mempercepat tumbuh gigi bayi yang dapat kita ketahui bersama.
  1. Asupan Makanan.
    Ya, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah memperhatikan asupan makanan untuk buah hati ibu. Agar gigi cepat tumbuh, maka sudah tentu ibu pun harus memenuhi asupan makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi. Selain melalui makanan, ibu juga dapat memberikan vitamin namun yang sesuai dengan anjuran dokter.
  2. Tahapan Pola Makan.
    Perhatikan juga tahapan dalam pemberian makanan lunak atau cair ke jenis makanan padat atau dengan tekstur yang lebih kasar. Saat dirasa bayi sudah mampu mencerna makanan padat, maka ibu sebaiknya mengenalkan berbagai macam jenis makanan dengan tekstur yang lebih kasar. Dengan begitu pertumbuhan gigi susu mereka pun akan terstimulasi saat mengunyah makanan.
  3. Mainan Gigit.
    Saat gigi susu bayi akan mulai tumbuh maka gusi mereka pun akan mulai terasa gatal, dan saat masa-masa tersebut hendaknya ibu dapat memberikan mereka mainan gigit yang biasanya terbuat dari bahan silicon yang empuk dan kenyal. Dengan kebiasaan menggigit tersebut, maka stimulan pertumbuhan gigi mereka pun akan semakin cepat.
  4. Susu yang Tepat.
    Tentunya ibu semua juga sudah mengetahuinya bahwa susu formula untuk bayi akan bersifat cocok-cocokan. Tidak semua bayi akan cocok diberikan susu yang mahal namun tidak semua juga cocok dengan susu yang murah. Untuk menstimulasi pertumbuhan gigi, maka pilihlah produk susu formula yang tepat dengan kandungan nutrisi yang mencukupi, khususnya kalsium.
  5. Media Gigit dari Makanan.
    Selain mainan gigit yang tidak dapat dikonsumsi, untuk menstimulasi pertumbuhan gigi susu bayi juga dapat menggunakan makanan. Contohnya seperti sayuran wortel mentah, teksturnya yang tidak mudah patah namun tidak terlalu keras juga tidak akan berbahaya bagi gusi mereka. Terlebih wortel sendiri cenderung memiliki rasa yang manis dan dapat dikonsumsi.

Demikian di atas tadi adalah tips cara mempercepat tumbuh gigi bayi yang dapat ibu coba pada sang buah hati. Tidak perlu merasa khawatir atau bingung saat gigi bayi ibu belum tumbuh, karena setiap bayi akan selalu memiliki karakter yang berbeda-beda. Dan salah satu solusinya yakni dapat menggunakan beberapa tips dan cara di atas tadi.
Baca juga: