search-button

Nov 20, 2016

2 Penyebab Lutut Berbunyi Saat Ditekuk

   
Advertisements
Penyebab Lutut Berbunyi Saat Ditekuk
Apotik Sehat – Perlu diketahui bahwa Penyebab Lutut Berbunyi Saat Ditekuk cukup beragam dan bermacam-macam. Saat lutut mengeluarkan bunyi ketika ditekuk maka hal tersebut jelas harus diwaspadai, terlebih jika keluhan tersebut disertai dengan rasa nyeri. Sebenarnya kondisi tersebut merupakan kondisi yang wajar, namun bukan berarti tidak diperhatikan dengan baik.

Lutut merupakan salah satu poros yang akan menyokong hampir seluruh berat badan manusia. Untuk itulah mengapa lutut terhitung rentan terhadap cidera hingga terkena osteoarthritis atau gangguan persendian. Lutut juga memiliki tulang rawan sendi serta tempurung yang menjadi salah satu pelindung lutut.

Penyebab Lutut Berbunyi Saat Ditekuk

Banyak kalangan yang tidak menyadari hal tersebut dan kurang memperhatikan kesehatan pada bagian persendian tubuh seperti lutut bunyi tapi tidak sakit. Padahal sebagaimana yang telah dijelaskan di atas tadi bahwa lutut merupakan tumpuan tubuh, dengan peranan tersebut maka sudah jelas kondisi lutut harus harus dijaga dan diperhatikan dengan baik.

Salah satunya seperti adanya keluhan lutut berbunyi "krek" saat digerakan pada posisi tertentu. Keluhan tersebut diketahui disebabkan oleh beberapa faktor, dimana faktor penyebabnya sendiri akan dibedakan menurut keluhan adanya rasa sakit atau tidak. Karena penyebab lutut berbunyi yang disertai rasa sakit dengan yang tidak disertai rasa sakit memang berbeda.

1. Penyebab Lutut Berbunyi yang Tidak Disertai Rasa Sakit.
Lutut yang berbunyi namun tidak disertai dengan rasa sakit atau nyeri sebenarnya merupakan hal yang terhitung wajar dalam dunia medis. Hal terebut diketahui disebabkan oleh gelembung-gelembung udara yang terdapat di dalam sendi. Adapun faktor penyebab lainnya seperti karena stretched aau regangan dari bagian Tendon atau Ligament.
Maka dari itulah jika bunyi pada lutut tidak disertai dengan rasa nyeri atau sakit, maka Anda pun tidak perlu merasa terlalu khawatir. Keluhan tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung kondroitin dan glukosamin. Selain itu, cobalah untuk aktif dan tidak terlalu banyak diam atau duduk.
Baca juga:

Penyebab Lutut Berbunyi yang Disertai Rasa Sakit.
Berbeda dengan hal di atas tadi, lutut berbunyi yang disertai rasa sakit memiliki penyebab yang berbeda dan sebaiknya segera diatasi secara intensif. Karena jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan jika kondisinya akan menjadi lebih buruk atau semakin parah. Penyebab lutut berbunyi yang disertai rasa sakit ini biasanya disebabkan oleh faktor cidera yang cukup parah.
Cidera tersebut biasanya mengenai bagian lutut seperti ligament atau meniscus. Sedangkan penyebab lainnya yakni karena terjadinya arthritis atau peradangan pada bagian sendi lutut. Cara mengatasinya jelas berbeda dan tidak hanya dapat mengkonsumsi suplemen saja. Melainkan harus mengkonsumsi obat anti radang, melakukan fisioterapi, hingga tahap pembedahan atau operasi.

Setelah mengetahui beberapa penyebab lutut berbunyi saat ditekuk di atas maka sebaiknya kini Anda lebih waspada terhadap lutut Anda. Jika mengalami keluhan tersebut, berkonsultasilah dengan dokter spesialis orthopaedi untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Namun dibandingkan dengan mengobati, tentu akan lebih baik jika melakukan perawatan terlebih dahulu bukan? Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.
Baca juga: